7/15/2017

Review Action Camera Xiaomi Yi 4K yang Memiliki Fitur Lebih Canggih Dibandingkan GoPro HERO 4

Siapa yang tidak mengenal action camera pada zaman sekarang ini. Saya rasa hampir semua kalangan, terutama remaja dan pecinta fotografi atau yang suka selfie mengenal kamera jenis ini. Kepopuleran action camera ini hampir sama dengan kepopuleran kamera DSLR dan Drone. Kepopuleran action camera di Indonesia saya rasa berawal dari salah satu brand atau merk yaitu GoPro. GoPro dipromosikan atau diiklankan di media televisi hampir setiap hari, hal ini menjadikan masyarakat penasaran dengan kamera tersebut.

Action Camea Xiaomi Yi 4K with WiFi dengan fitur komponen dan fitur canggih di dalamnya. Dengan menggunakan chip baru Ambarella A9SE75 CPU, sensor gambar Sony IMX377 dan 7 layer glass lenses. LCD retina touch screen gorilla glass menamba ke eleganan kamera ini.
Action Camea Xiaomi Yi 4K with WiFi dengan fitur komponen dan fitur canggih di dalamnya. Dengan menggunakan chip baru Ambarella A9SE75 CPU, sensor gambar Sony IMX377 dan 7 layer glass lenses. LCD retina touch screen gorilla glass menamba ke eleganan kamera ini.


Seiring kepopuleran action camera ini, para produsen elektronik seolah-olah berlomba-lomba untuk membuat dan memasarkan produknya tersebut. Harga dan fitur yang ditawarkanpun beragam, mulai dari harga yang relatif murah dengan fitur ala kadarnya atau standar sampai harga yang tinggi dengan fitur yang banyak dan canggih. Tidak mau ketinggalan produsen elektronik yang satu ini yaitu Xiaomi. Setelah sebelumnya gencar memasarkan produk Smartphonenya, untuk kesekian kalinya Xiaomi mengeluarkan Action Camera yang bernama Yi. Produk tersebut cukup laris dipasaran dikarenakan harganya yang relative murah dibandingan pesaingnya yaitu GoPro. Xiaomi Yi pada tahun 2016 kembali merilis action camera versi terbarunya dan diberi nama Xiaomi Yi 4K. Dari segi design, menurut saya action camera ini sangat elagan. Bukan hanya bentuk luar saja tetapi ketajaman gambarnya juga. Lalu bagaimana dengan fitur yang dimilikinya? 

Apa saja fitur baru yang ada pada kamera Xiaomi Yi 4K?


Ambarella A9SE75 CPU Xiaomi Yi 4K

Ada penambahan 4K pada versinya ini memiliki maksud yaitu kamera ini dibangun dengan generasi baru chip Ambarella A9SE75, sensor gambar Sony IMX377, dan 7 layer glass lenses.

Komponen chip baru Ambarella A9SE75 CPU pada Yi 4K
Komponen chip baru Ambarella A9SE75 CPU pada Yi 4K

Video 4K Pada Yi 4K

Action kamera ini mampu merekam 4K / 30fps pada 60Mbps, 4x kualitas 1080p. Kalian bisa membandingkan hasil video yang diambil dengan kualitas 1080p dengan 4K (4000p). Gambar dengan kualitas 4K sudah pasti lebih tajam, jelas dan soft, terlihat natural dan lebih real.

Yi 4K mampu merekam 4K/30fps pada 60MBps (4K = 4 kali kualitas 1080p)
Yi 4K mampu merekam 4K/30fps pada 60MBps (4K = 4 kali kualitas 1080p)

Live Vividly Pada Yi 4K

Kamera dengan teknologi paling canggih untuk menyediakan maksimum Fidelity, Multifungsi, dan Kemudahan Penggunaan.

Live Vividly pada action camera Xiaomi Yi 4K
Live Vividly pada action camera Xiaomi Yi 4K


LCD Gorilla Glass (Retina Touchscreen) Pada Yi 4K

Disesuaikan dengan 330ppi resolusi tinggi dan sensitivitas tinggi pada retina touchscreen untuk pengalaman intuitif. 2.19 inci Gorilla Glass untuk menahan goresan dalam pemakaian sehari-hari. Gorilla Glass sudah dipakai pada smartphone sekarang yang bertujuan untuk meminimalisir goresan pada layar sentuhnya, sehingga kalau terkena benda-benda yang cukup tajam tidak akan baret. Dapat dilihat dari sudut 160°. Kalian tidak akan kehilangan jepretan kamera yang sempurna dengan 640 x 360 widescreen untuk pratinjau yang cepat dan mudah. Kontrol YI 4K bisa dilalukan dengan ujung jari kalian saja dengan layar sentuh yang sensitif (tidak perlu ada penekanan oleh jari).

Pengintegrasian LCD Gorilla Glass Retina Touchscreen pada Yi 4K
Pengintegrasian LCD Gorilla Glass Retina Touchscreen pada Yi 4K

Kapasitas Baterai 1400 mAh Pada Xiaomi Yi 4K

Kapasitas baterai yang tinggi yaitu 1400mAh 4.4V lithium-ion, dirancang berdasarkan kebutuhan seorang petualang atau seorang fotografer. Baterai YI 4K dapat bertahan sampai 8 jam waktu. Dapat digunakan untuk merekam video 30fps hingga 120 menit dalam sekali charge saja. Apabila kalian memakainya pada lokasi jauh dari rumah misalnya naik gunung, saya saranin bawa powerbank dengan kapasitas besar agar kalian tetap bisa mengabadikan momen indah yang ada di sana.

Baterai Yi 4K bisa digunkan untuk merekam video selama 120 menit atau 2 Jam dalam sekali charge
Baterai Yi 4K bisa digunkan untuk merekam video selama 120 menit atau 2 Jam dalam sekali charge

WiFi Broadcom’s Dual-Band Pada Xiaomi Yi 4K

Menggunakan Chip BCM43340 terbaru yang mendukung 802.11a/b/g/n 2.4G/5GHz. Teknologi yang secara signifikan mengurangi gangguan. Kecepatan download hingga 30Mbps dan memiliki lebih banyak waktu untuk mengambil gambar, mengedit, dan di sharing. Bagi kalian yang belum tahu, WiFi ini bukan untuk internetan lho, WiFi di sini adalah jaringan nirkabel (tanpa kabel), maksudnya kontrol kamera ini bisa dilakukan melalu smartphone yang kalian miliki. Caranya mudah tinggal download aplikasinya lalu install di smarphone, nyalakan WiFi Yi 4K, search dengan WiFi smartphone kemudian tinggal sambungkan. Apabila sudah tersambung, otomati gambar yang ditangkap action camera akan ditampilkan pada layar smarphone secara real time. Jadi kalian tidak perlu minta tolong orang mem-fotokan, cukup letakan pada tempat yang sesuai tinggal jepret pakai smartphone.

Fitur WiFi pada Xiaomi Yi 4K memudahkan dalam konektifitas, misalnya untuk kontrol dan pemindahan gambar atau video ke perangkat l
Fitur WiFi pada Xiaomi Yi 4K memudahkan dalam konektifitas, misalnya untuk kontrol dan pemindahan gambar atau video ke perangkat lain

Fungsi Update Firmware Yi 4K

Dengan memperbarui firmware, kalian dapat mulai streaming langsung dari aplikasi. Wide-angle yang luas dengan berbagai aksesoris memungkinkan YI 4K untuk menunjukkan perspektif yang unik ketika kalian berpetualang di alam bebas.

Xiaomi Yi 4K action camera bisa dibandingkan dengan saudaranya tapi beda merek yaitu GoPro HERO 4. Mari kita lihat perbandingan spesifikasi di antara 2 kamera ini.


perbedaan Spesifikasi antara Xiaomi Yi 4K dengan GoPro HERO4
Perbedaan Spesifikasi antara Xiaomi Yi 4K dengan GoPro HERO4

SESIFIKASI
XIAOMI YI 4K
GOPRO HERO 4 BLACK
Processor
Ambarella A9SE (Prosesor paling baru)
Ambarella A9 (Prosesor lama)
Sensor
Sony IMX377 12MP ½.3” (Sensor terbaru)
Sony IMX117 12MP ½.3” (Sensor lama)
Display
Built-in 2.19-inch retina widescreen with touch 640-by-360 pixels at 330 ppi
Need external display which has poor color quality and low resolution
Wi-Fi Module
Broadcom BCM43340 dual-band, 802.11a/b/g/n, 2.4GHz/5GHz, download di atas 3MB/s
Atheros QCA6134X, single-band 802.11b/g/n, hanya 2.4GHz, kecepatan download 1.5MB/s
Battery Life
120 menit untuk merekam video 4K/30
65 menit untuk merekam video 4K/30
Battery
3.85V 1400mAH 5.39Wh
3.8V 1160mAh 4.4Wh
Gyroscope/ Accelerometer
Embedded low power and high resolution 3-axis accelerometer and 3-axis gyroscope
Tidak ada
Microphone
Dual Microphone
Single Microphone
Remote Control
Low Power Bluetooth remote control
Wi-Fi remote control
Power consumption and heat management
State-of-the-art low power 28nm A9SE chip with no overheat problem. Consistently lower camera temperature
Old A9 chip with high power consumption. Overheating may cause device to stop recording
Video Mode
Mencapai 4K 30fps - 720p 240fps
Mencapai 4K 30fps - 720p 240fps
Photo Mode
Mencapai 12 MP
Mencapai 12 MP
Timer Mode
Countdown timer 3,5,10 dan 15 detik setelah shutter ditekan
Tidak ada
Burst Mode
30 foto per detik
30 foto per detik
Slow Motion Mode
Support 1/8,1/4 and 1/2 speed slow motion directly. No need to edit later
No built-in support
Loop Recording
Continuous recording
Continuous recording
Lens Distortion Correction (LDC)
Built-in support
No built-in support
Electronic Image Stabilization (EIS)
supported
Tidak ada
Auto Low Light
Automatic low light detection and frame rate adjustment to ensure good exposure
Automatic low light detection and frame rate adjustment to ensure good exposure
Manual Mode
Support manual setting for shutter/ISO/EV/WB
Support manual setting for shutter/ISO/EV/WB
Power on Speed
3 detik
5 detik


Berdasarkan sedikit ulasan saya di atas, tentunya Xiaomi Yi 4K ini patut untuk dipertimbangkan jika kalian ingin membeli action camera. Fitur yang ditawarkan cukup banyak dan canggih dibandingkan dengan merk lain dengan kisaran harga yang sama. Bijaklah dalam memilih suatu produk apapun itu, jangan hanya gengsi membeli produk dengan harga mahal kalau spesifikasinya tidak terlalu bagus dibandingan dengan barang merk lain dengan harga yang sama tapi spesifikasinya mumpuni.
Load disqus comments

0 komentar