12/09/2018

Cara Menggunakan Kamera IP CCTV SPC Smart Home Plus Wireless Camera dari Smartphone Melalui Internet


CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television yang berarti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran yang dapat diakses secara public. Pada umumnya, CCTV digunakan sebagai pelengkap peralatan keamanan dan banyak dipakai di dalam industri, baik sekala menengah ke atas. Industri tersebut misalnya bandara, minimarket, supermarket, wahana bermain, kantor, pabrik dan industri lainnya. Di era yang serba digital ini dan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi mengenai pemanfaatan teknologi, CCTV sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat umum seperti perumahan. Sudah tidak heran sekarang ini banyak rumah yang sudah memasang CCTV sebagai peralatan keamanan rumah. Ada berbagai alasan kenapa mereka memasang perangkat tersebut.

SPC Smart Home Wireless Camera (IP CCTV) yang dapat diakses dari smartphone melalui internet. digitografi
SPC Smart Home Wireless Camera (IP CCTV) yang dapat diakses dari smartphone melalui internet.

Alasan pemasangan CCTV dirumah :

  1. Mengawasi anak ketika ditinggal orang tuanya untuk bekerja. Dengan adanya CCTV ini kita sebagai orang tua bisa memantau dari kantor atau tempat kita bekerja (memantau jarak jauh menggunakan smartphone yang terhubung ke CCTV), apa saja yang dilakukan anak ketika tidak ada orang tua dirumah.
  2. Apabila kita punya asisten rumah tangga, kita juga bisa mengawasi apakah orang tersebut bekerja sesuai dengan jobdesknya atau tidak.
  3. Memantau harta benda yang pastinya berharga bagi kita, misalnya kendaraan motor atau mobil, brangkas, dan lain-lain. Sehingga apabila ada seseorang yang tidak dikenal masuk ke dalam rumah kita bisa tau dan apabila ada tindak kejahatan dirumah seperti pencurian atau perampokan kita punya bukti CCTV apabila hendak melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Dalam hal ini CCTV adalah sebagai perangkat keamanan karena sekarang ini marak aksi kejahatan terutama kalau kondisi rumah dalam keadaan kosong (tidak ada penghuni).

CCTV merupakan suatu perangkat yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung dan tentunya saling membutuhkan (suatu kesatuan). Komponen tersebut setidaknya terdiri dari 2, yaitu kamera dan DVR.

Apa itu kamera?

Kamera adalah alat yang berfungsi sebagai pengambil gambar atau perekam video, kita dapat menganalogikan kamera sebagai mata kita (panca indra). Kamera sendiri memiliki banyak tipe dari segi kualitas yang dihasilkan, atau yang lebih dikenal dengan Megapixel (MP). Artinya semakin tinggi Megapixel seharusnya memiliki gambar yang lebih jernih walaupun ada perangkat lain yang mendukung hasil gambarnya, maksudnya adalah tidak hanya MP yang menentukan hasil gambar yang bagus dan jernih tapi ini adalah salah satu faktor kuncinya. Contoh Megapixel yang sering kalian kenal seperti 1,3 MP, 2MP, 8MP dan masih banyak lainnya.

Kamera CCTV merek SPC yang memiliki fitur wireless dan ethernet. digitografi
Kamera CCTV merek SPC yang memiliki fitur wireless dan ethernet

Tipe Kamera CCTV

Perbedaan rangkaian Analog CCTV dan IP CCTV. digitografi
Perbedaan rangkaian Analog CCTV dan IP CCTV

CCTV Analog

Kamera analog menggunakan satu solid kabel untuk setiap kamera, yang berarti setiap kamera harus terhubung ke DVR melalui kabel tersebut atau disebut system secara langsung.

CCTV Network (IP CCTV)

Kamera ini merupakan yang sedang trend sekarang ini, karena kamera ini bisa diakses melalui jaringan internet dan kita bisa memantau melalui aplikasi yang disediakan untuk smartphone kita. Kita bisa meminimalisir penggunaan kabel sehingga terlihat rapih.

Apa itu DVR CCTV?

DVR merupakan singkatan dari Digital Video Recorder. Ini adalah perangkat yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam semua gambar atau video yang dikirim oleh kamera dan diolah termasuk disimpan dalam memory yang ada di DVR ini. Tanpa DVR kita tidak bisa melihat hasil gambar yang ditangkap oleh kamera.

Contoh DVR CCTV. digitografi
Contoh DVR CCTV

Contoh DVR CCTV 8 Channel. digitografi
Contoh DVR CCTV 8 Channel


Keterangan Channel, misalnya 4 channel, 8 channel dan yang lainnya merupakan keterangan bahwa DVR tersebut maksimal bisa dipasang kamera CCTV sebanyak 4 atau 8 buah saja, karena jumlah port dibelakang DVR hanya sejumlah itu. Dari 2 tipe yang ada, maka saya akan mengulas mengenai tipe yang IP CCTV, kenapa saya bahas ini? Karena menurut saya kamera ini cukup powerful untuk digunakan di rumah.

SPC SMART HOME PLUS WIRELESS CAMERA

SPC atau Smart Premium CCTV merupakan salah satu merk yang cukup terkenal dibidang kamera keamanan ini, ada berbagai jenis kamera produk yang ditawarkan oleh mereka. Salah satu yang banyak muncul di berbagai online shop adalah kamera mungil yang juga disebut sebagai baby camera.

Penampakkan SPC CCTV (Baby Cam). digitografi
Penampakkan SPC CCTV (Baby Cam)

SPC memiliki 2 antena untuk wireless. digitografi
SPC memiliki 2 antena untuk wireless

Apa saja spesifikasi kamera CCTV ini?

Spesifikasi CCTV SPC Smart Home Plus Wireless Camera:

  1. Support 1 way H.264 video stream.
  2. Adopt megapixel 1/4 CMOS sensor (CMOS adalah jensi sensor yang digunakan pada kamera DSLR).
  3. The minimum Lllumination : 0.5 Lux@550nm.
  4. Tipe Lensa : Glass Lens.
  5. Audio : Support two way.
  6. Ethernet (LAN) : One 10/100 Mbps RJ 45.
  7. Support Protocol : Http, FTP TCP/IP, UDP, SMTP, DHCP, PPPoE, DDNS, UpnP.
  8. Wireless Standard : IEEE 802.11b/g/n; Support WPS (Wi-Fi Pretected Set IP); WPS Automatically configurts the network name (SSID) and WPA security key for the access point.
  9. Pan/Tilt Angle : Horizontal = 355 derajat & vertikal: 120 derajat.
  10. Infrared Light : 11 IR LEDs, Night Visibility up to 10 meters.
  11. Powe Supply : DC5V/2A (EU, US, AU adapter or other types optional).
  12. Power Consumption : 5 watts (Max.).
  13. Operate Temp : 0 – 55 derajat celcius (14 -122 derajat Fahrenheit).
  14. Operating Humidity : 20% ~ 85% non-condensing.
  15. Storage Temp : -10 - 60 derajat celcius (14 – 140 deajat Fahrenheit).
  16. Storage Humidity : 0% - 90% non-condensing

Apa saja yang terdapat di dalam box SPC CCTV?

  • 1 buah baby camera SPC
  • 1 buah dudukan kamera
  • 1 buah adaptor
  • Kartu garansi dan kertas petunjuk penggunaan

 
Dudukan untuk memasang kamera SPC. digitografi
Dudukan untuk memasang kamera SPC

Dudukan CCTV yang cukup flexible yang bisa di naik turunkan. digitografi
Dudukan CCTV yang cukup flexible yang bisa di naik turunkan

Cara Konfigurasi dan Pemasangan SPC IP Camera CCTV

Pemasangan SPC CCTV Camera pada dinding rumah yang sudah terhubung ke internet melalui kabel jaringan (LAN).
Pemasangan SPC CCTV Camera pada dinding rumah yang sudah terhubung ke internet melalui kabel jaringan (LAN).

Aplikasi SPC Smart

Download SPC Smart melalui Play Store apabila smartphone kalian android, dan APP Store apabila kalian pengguna IOS (misalnya IPhone). Ingat ya downloadnya yang SPC Smart (warna merah) bukan SPC Pro Cloud (warna biru).

Barcode untuk mendownload aplikasi SPC Smart di Playstore untuk Android dan APP Store untuk IOS seperti IPhone.
Barcode untuk mendownload aplikasi SPC Smart di Playstore untuk Android dan APP Store untuk IOS seperti IPhone.


SPC Smart untuk Android. digitografi
SPC Smart untuk Android
PC Smart untuk IPhone yang sudah saya download
SPC Smart untuk IPhone yang sudah saya download

Setelah download buka aplikasi tersebut dan buatlah account baru dengan klik register, saran saya menggunakan nomor telpon saja untuk usernamenya karena proses registrasinya akan lebih cepat dibandingkan dengan email.

Registrasi untuk account baru SPC Smart
Registrasi untuk account baru SPC Smart


Registrasi by email atau by nomor tlp silahkan pilih saja, saran saya menggunakan nomor tlp saja
Registrasi by email atau by nomor tlp silahkan pilih saja, saran saya menggunakan nomor tlp saja

Setelah memasukkan nomor telpon dengan tepat (misal +6285777000088 = 085777000088) klik Get verification code, maka otomastis system akan mengirimkan sms yang berisi kode ke nomor yang kalian daftarkan tersebut. Buka sms dan masukkan kode pada aplikasi SPC pada input Verification, kemudian klik next.
Get Verification Code SPC
Get Verification Code SPC
Masukan verification code yang kalian dapatkan dari SMS
Masukan verification code yang kalian dapatkan dari SMS

Muncul form seperti ini, silahkan kalian isi sesuai dengan ketentuan yang ada. Kemudian klik register. Apabila sukses maka kalian akan dibawa ke halaman home dari aplikasi SPC, atau apabila kalian diarahkan halaman login silahkan kalian login dengan username nomor telpon kalian dan password yang sudah kalian daftarkan tadi.

Hubungkan SPC Camera dengan adaptor dan biarkan sampai kamera tersebut bergerak. Setelah bergerak ada beberapa orang yang menyarankan untuk memencet tombol reset supaya settingannya kembali ke settingan default, tetapi saya sendiri tidak melakukan hal tersebut karena logikanya kalau barang baru dan masih segel settingannya pasti default bawaan pabrik.

Nyalakan wifi pada smartphone kalian terlebih dahulu kemudian sambungkan dengan SSID yang muncul (misalkan nama SSID/ wifi nya adalah IOT109283).

Setelah tersambung kembali ke aplikasi lagi, dipojok kiri bawah ada Device klik menu tersebut dan klik tanda +, terserah tanda + yang ditengah atau yang di pojok kanan atas sama saja. Muncul scan QR Code, coba kalian lihat dibagian bawah kamera CCTVnya disitu ada QR code dan scan QR Code tersebut. Kemudian system akan mengkonfigurasi antara aplikasi dan kamera, biasanya terdengar bunyi bip apabila sudah terhubung. Kalian bisa mendaftarkan/ menambah kamera ke dalam aplikasi sebanyak 4 (maksimal = 4) perangakat CCTV dalam 1 aplikasi.

Cara menghubungkan SPC IP Camera CCTV ke internet

Ini lah hal yang cukup menarik bagi saya kenapa saya membahas kamera ini. Kamera ini dapat dikases dari aplikasi yang sudah kita download di atas dari manapun kita berada, misalnya rumah kita di tangerang dan kita sedang berlibur ke Bali, kita bisa mengakses CCTV dirumah kita. Perangkat yang sangat penting untuk mendukung hal ini tentunya adalah koneksi internet yang stabil! Saya menggunakan First Media sebagai provider internetnya. Kita cukup gunakan kabel jaringan (kabel LAN) lalu kita colokkan kabel LAN dengn RJ45 ke lubang ethernet yang ada di belakang kamera dan ujung satunya ke Router First Media dan kamera akan mengeluarkan suara dalam bahasa inggris tentunya yang menginformasikan bahwa kamera kita sudah terhubung ke internet. Cuma sesimpel itu kita sudah akses CCTV melalui jaringan internet. Selama ini tidak ada buffer dalam mengakses live streaming CCTV tersebut karena server SPC ini sudah ada di Indonesia jadi tidak perlu mengakses server SPC dari luar negeri terlebih dahulu.

Modem untuk konesi ke internet. digitografi
Modem untuk konesi ke internet
Port Ethernet, microSD, tombol reset dan port adaptor
Port Ethernet, microSD, tombol reset dan port adaptor

Hasil Video SPC IP CCTV

Berikut adalah video cara menambahkan kamera CCTV ke dalam aplikasi SPC Smart. Kalian juga bisa melihat kualitas video yang dihasilkan kamera CCTV ini baik di siang hari maupun malam hari. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamera ini memiliki INFRA_RED yang dapat membuat kamera tetap bisa menangkap gambar walaupun dalam kondisi gelap gulita.




Cara Memasang Memory Card pada SPC IP Camera CCTV

Sebagai media penyimpanan rekaman video, kita membutuhkan yang namanya memory card. Jenis yang digunakan adalah micro SD SDHC (Untuk mengenal jenis – jenis memory card silahkan baca pada artikel sebelumnya). Kenapa harus type yang SDHC? Karena di box kamera jelas tertulis dan merekomendasikan jenis ini. Tidak perlu terlalu besar kapasitasnya cukup 32GB saja sudah cukup. Port untuk menyimpan microSD ini terletak pada bagian belakang kamera dekat port Ethernet untuk kabel jaringan. Masukkan perlahan sampai terdengar bunyi klik seperti kita memasukkan memory ke Smartphone.

Estimasi Harga SPC IP Camera CCTV termasuk microSD dan internetHarga seperangkat kamera SPC kisaran Rp 300.000,-Harga microSD 32GB merk Toshiba kisaran Rp 80.000,-Paket internet First Media 6Mbps Rp 209.000,- per bulan

Harga kamera memang cukup murah tetapi mahal di internetnya karena kita harus bayar setiap bulannya, tetapi apabila kalian yang pekerjaannya berhubungan dengan internet, misalnya blogger, vlogger, programmer, youtuber, tentunya ini bukan masalah karena kita bisa memanfaatkan internet dengan bijak dan bermanfaat pastinya.

Apabila ada pertanyaan seputar pengoprasian menu aplikasi SPC Smart di Smartphone kalian atau konfigurasinya bisa bertanya di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar