7/18/2017

Jenis Dan Bentuk Memory Card Yang Sesuai Untuk DSLR, Mirrorless, Pocket serta Kamera Digital Lainnya

Ketika kalian untuk pertama kalinya memiliki sebuah kamera digital misalnya jenis DSLR, pastinya masih banyak hal termasuk bagian kamera yang belum kalian ketahui, salah satunya perlengkapan vital atau wajibnya yaitu memory card. Memory card merupakan sesuatu yang sangat vital pada sebuah kamera digital apapun itu jenis dan mereknya. 
Memory card memiliki beberapa jenis dan wajib kalian ketahui apabila kalian pengguna gadget yang membutuhkan penyimpanan data. Memory card yang ada dipasaran diantaranya adalah SD Card, MiniSD dan MicroSD. Untuk jenis atau type sendiri ada lagi yaitu SD, SDHC, SDXC,  CF, XD Picture, Stick Duo dan MMC.
Memory card memiliki beberapa jenis dan wajib kalian ketahui apabila kalian pengguna gadget yang membutuhkan penyimpanan data. Memory card yang ada dipasaran diantaranya adalah SD Card, MiniSD dan MicroSD. Untuk jenis atau type sendiri ada lagi yaitu SD, SDHC, SDXC,  CF, XD Picture, Stick Duo dan MMC.

Apa itu Memory Card? 

Memory Card adalah sebuah alat atau perangkat yang berfungsi untuk menampung data digital dalam hal ini yaitu gambar atau foto dan video. Jadi kalau kalian punya kamera DSLR tapi tidak ada memorynya, foto hasil jepretan tersebut tidak akan tersimpan. Biasanya muncul keterangan dalam bahasa inggris “insert memory card” (disuruh memasukkan kartu memori ke dalam kamera).

Memory card sendiri memiliki beberapa jenis dan masing – masing memiliki bentuk yang berbeda, mulai dari yang bentuknya kecil sampai yang bentuknya cukup besar. Berikut saya jelaskan sedikit mengenai memory card berdasarkan bentuknya :
Bentuk Memory Card ada 3 yaitu SD Card, MiniSD dan Micro SD
Bentuk Memory Card ada 3 yaitu SD Card, MiniSD dan Micro SD


SD Card

Memiliki bentuk yang paling besar diantara memory card yang lainnya. SD Card merupakan jenis memory card yang petama kali dikenal oleh masyarakat pengguna handphone. Mungkin kalian dulu ingat ketika booming ponsel Nokia 6600 atau type Nokia yang lain. Gadget tersebut menggunakan SD Card sebagai tempat menampung data, baik itu lagu ( berformat mp3) foto (jpg, gif, png), video (3GP, MP4) dan lain sebagainya. Memory ini memiliki ukuran 32 x 24 x 2 mm dengan berat 2 gram. Kapasitas penyimpanannya hanya 8 MB - 4 GB dengan format FAT16.

MiniSD

Bentuknya lebih kecil daripada SD Card (middle) dan biasanya digunakan juga pada handphone yang cukup canggih pada masa itu, misalnya pada Nokia N90. Fungsinya juga sama persis seperti SD Card hanya berbeda di bentuk dan kapasitasnya. Ukuran memory ini 21 x 21,5 mm dengan kapasitas memory mencapai 64 GB bahkan mencapai 128 GB, bisa menampung banyak data di dalamnya bukan hanya foto atau video bisa juga aplikasi seperti facebook.

MicroSD

Jenis memory ini merupakan jenis yang booming pada zaman sekarang ini, memiliki bentuk yang sangat kecil jika dibandingkan dengan SD Card dan MiniSD. Memory ini hanya memiliki ukuran 11 x 15 x 1 mm. MicroSD sekarang ini digunakan pada berbagai macam gadget seperti Tablet dan Smartphone. Memiliki bentuk yang sangat simple, efisien dan tidak memerlukan tempat yang besar. Selain itu, sekarang ini banyak dijual adaptor (rumah memory card). Adaptor ini bentuknya seperti SD Card dan MiniSD, artinya jika kalian memiliki MicroSD dan butuh MiniSD atau MMC kalian tinggal memasukkannya ke dalam adaptor tersebut, tidak usah repot – repot membeli memory baru. Kapasitas yang ditawarkan MicroSD mencapai 128 GB.

Setelah kita mengetahui bentuk - bentuk memory, sekarang kita harus mengenal jenisnya juga. Jenis ini biasa tertulis pada bagian cover memory card. Langsung saja saya jelaskan satu persatu:

SD (Secure Digital)

Jenis memory card yang paling umum dan sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat seperti yang saya jelaskan di atas (SD Card). Memory ini kompatibel dengan hampir semua jenis kamera digital.
SD (Secure Digital)
SD (Secure Digital)


SDHC (Secure Digital High Capacity)

Sebenarnya bentuknya sama persis dengan SD, namun yang membedakan adalah kapasitas penyimpanannya yang mencapai 32 GB. Jenis memory ini yang paling sering dan cocok digunakan untuk kamera digital keluaran baru. Namun mungkin tidak cocok digunakan pada kamera digital model lama. Sebagai contoh, SDHC ini biasa digunakan pada kamera DSLR Canon 1100D.
SDHC (Secure Digital High Capacity)
SDHC (Secure Digital High Capacity)


SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)

SDXC juga termasuk SD Card namun dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi dalam memproses data. Kapasitas penyimpanan memory ini mencapai 2 TB (2000 GB). Apabila digunakan kedalam kamera digital kemungkinan besar tidak support dan tidak terbaca. Hanya komputer tertentu saja yang bisa membaca format exFAT pada memory ini.
SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)
SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)


CF (Compact Flash)

Jenis memory ini menawarkan kapsitas penyimpanan yang sangat besar dan waktu proses data yang sangat cepat. Pada tahun 2010, Canon memilih jenis memory ini sebagai ruang penyimpanan kamera DSLR canggihnya yang diperuntukkan bagi para fotografer profesional. Memory ini bisa menyimpan hasil rekaman video dengan kualitas HD (High Definition).
CF (Compact Flash)
CF (Compact Flash)


XD Picture (Xtrem Digital)

Memory ini menggunakan fomat Fujifilm dan digunakan pada beberapa kamera Fuji dan Olympus (model lama) meskipun jenis kamera terbaru mereka saat ini kompatibel dengan SD/ SDHC.
XD (Xtra Digital) Picture
XD (Xtra Digital) Picture


Memory Stick Duo

Jenis ini merupakan memory yang digunakan pada kamera Sony dan juga handphone Sony keluaran lama. Ukuran memory ini lebih besar dari SD Card. Perlu kalian ketahui, memory ini memang dibuat dan diperuntukkan untuk produk elektronik keluaran Sony saja, jadi kalau misalnya Samsung pakai memory jenis tidak mungin sesuai atau kompatibel.
Memory Stick Duo Sony
Memory Stick Duo Sony


MMC (Multi Media Card)

Secara bentuk sama persis denga SD Card, tetapi tanpa kunci dibagian samping memory. baisanya berwarna kuning. Jenis memory ini bisa dikatakan memory pertama kali yang digunakan pada perangkat digital. Kapasitas penyimpanan yang rendah dan juga kecepatannya yang sangat lampat dalam mentransfer data.
MMC (Multi Media Card)
MMC (Multi Media Card)


Lalu jenis memory card seperti apa yang digunakan pada kamera DSLR?

Jawabannya sudah jelas, SDHC. Apalagi kalau kalian memiliki kamera DSLR yang tergolong bukan profesional. Saya sendiri menggunakan jenis SDHC pada kamera DSLR yang saya miliki sejak jaman kuliah dan masih awet sampai sekarang. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang bingung memilih jenis memory card yang sesuai untuk kamera DSLR. Terima kasih.


Load disqus comments

0 komentar