7/22/2017

Megapixel Tinggi Pada Kamera Digital Tidak Menentukan Kualitas Foto yang Dihasilkan

Sebelum saya bahas lebih lanjut, tahukah kalian apa itu Megapixel (MP)?

Misalnya ada sebuah smartphone dengan kamera 3MP, 8MP, 12MP dst. MegaPixel berasal dari 2 suku kata yang masing-masing memiliki arti yang berbeda. Yang pertama adalah Mega, merupakan nilai atau suatu awalan dalam suatu system metrik yang menunjukkan faktor juta (contoh 1 Mega = 1.000.000, 2 Mega = 2.000.000). Sedangkan untuk pixel sendiri itu berarti “titik”. Setiap pixel yang menyusun sebuah foto membawa informasi yang menentukan warna (hue), kekuatan warna (saturation) dan seberapa terang warna yang bisa ditampilkan (brightness).

Secara umum, pengertian Megapixel pada kamera digital adalah representasi dari sebuah titik terkecil pada sebuah gambar grafis atau foto yang dihitung per inchi. Mungkin kalian yang pernah belajar system digital pada waktu kuliah dan mengambil jurusan IT (Teknik Informatika, Sistem Informasi) pernah mempelajai hal tersebut. Dengan penjelasan di atas apakah kalian masih bingung bentuk pixel itu seperti apa? Berikut gambarnya.

Megapixel yang tinggi tidak memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kualitas gambar. Sensor lah yang menentukan kualitas suatu gambar yang dihasilkan oleh kamera digital.
Megapixel yang tinggi tidak memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kualitas gambar. Sensor lah yang menentukan kualitas suatu gambar yang dihasilkan oleh kamera digital.


Jadi, kalo kalian memiliki kamera 12 Mega Pixel berarti foto yang kalian ambil itu tersusun dari 12 Juta titik atau pixel yang artinya foto tersebut memiliki resolusi yang tinggi, karena gradasi warnanya lebih sempurna. Kalian bisa membandingkannya secara langsung dengan foto yang diambil dengan kamera yang hanya 3 Mega Pixel atau bahkan kamera VGA zaman dahulu.

Sekarang pertanyaan yang sering muncul dibenak kalian adalah 

Apakah kamera dengan MP yang tinggi menjamin kualitasnya bagus?

Jawabannya sudah pasti TIDAK! Alasannya akan sedikit saya ulas di bawah ini (Selanjutnya saya sebut Mega Pixel sebagai MP).

Banyak produsen (terutama smartphone) yang menggembor – gemborkan kualitas kameranya dengan menonjolkan Mega Pixel saja, dengan asumsi semakin tinggi MP maka kamera itu semakin bagus, pernyataan tersebut sangat keliru. Bagi orang yang tahu sedikit saja mengenai dunia fotografi, pasti tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut maksudnya tidak akan percaya begitu saja tanpa mengetahui speifikasi lebih lanjut. Kualitas suatu foto yang dihasilkan dari sebuah kamera (baik itu kamera smartphone maupun kamera Digital seperti DSLR, Prosummer, Mirrorless, dll) bukan hanya dari MP, tetapi ada beberapa perangkat lainnya yang sangat berpengaruh dan lebih vital dari itu. Apakah itu? Jawabannya adalah “SENSOR”. Tahukah kalian sensor itu yang yang paling menentukan kualitas suatu foto? Sensor kamera atau yang dikenal juga sebagai CCD (Charge Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) dan yang terbaru adalah BSI-CMOS (Back Side Illumination CMOS) yang terdiri dari jutaan pixel lebih.

Perbedaan Sensor CMOS dan CCD
Perbedaan Sensor CMOS dan CCD

Sensor yang mengatur pencahayaan kamera, mungkin kalian mengenal settingan kamera seperti ISO, Aperture, Shutterspeed dll (istilah dalam fotografi). Untuk membuktikan bahwa sensor lah yang paling berpengaruh daripada MP, ambilah foto dengan kamera smartphone kalian (misalnya dengan kamera 6 MP) dengan fisik sensor lebih besar akan menghasilkangambar lebih bagus dibandingkan dengan kamera 6 MP dengan fisik sensor kecil. Secara realnya pada DSLR Nikon D4 (Harga diatas Rp 50 juta) dengan 16.2 MP sangat unggul karena memiliki sensor Full Frame FX dibandingkan Nikon D3300 (Harga Rp 7 jutaan) dengan 24.2 MP yang memiliki sensor versi crop factor DX kecil. Dari perbandingan di atas dapat diketahui kalau sensor yang bagus memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Pengaruh Megapixel terhadap kulitas gambar itu apa?

Seperti dijelaskan di atas, MP merupakan titik atau dot sebagai unsure pembentuk gambar. Salah satu pengaruh besar dari MP adalah detail foto atau resolusi, hal ini menyebabkan foto tidak akan pecah ketika diperbesar pada skala tertentu. Sebagai contoh dengan kamera 8 MP memungkinkan menghasilkan gambar ukuran maksimal mencapai 3.264 x 2.448 pixel. Apabila dikalikan maka akan menghasilkan angka 8.001.700 pixel. Pada ukuran ini kalian bisa maksimal mencetak foto dengan kualitas terjaga mencapai 10,89 x 8,17 inchi atau setara 27,6 x 20,7 cm. Atau dengan resolusi kamera 12 MP bisa maksimal cetak 14,30 x 9,34 inchi yakni setara dengan 37 x 24 cm (300dpi). Tapi dengan MP yang tinggi itu artinya size foto yang dihasilkan juga besar.

Perbandingan Megapixel
Perbandingan Megapixel

Dari sedikit uraian saya di atas, bijaklah dalam memebeli suatu produk apapun itu, jangan mudah tergiur terhadap suatu penawaran yang kalian belum tahu sepenuhnya mengenai spesifikasi dan kualitas produk tersebut terutama produk elektronik. Dalam hal ini, jangan tergiur dengan kamera yang hanya menonjolkan megapixel yang tinggi. Megapixel yang tinggi tidak perpengaruh terhaap kualitas gambar (gambar menjadi lebih bagus, jernih) melainkan perpengaruh pada resolusinya saja.


Load disqus comments

0 komentar