5/04/2019

Memory Card Kamera DSLR Error, Card's write protect switch is set to lock


Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami ketika memory card kamera (terutama DSLR) error atau muncul notifikasi peringatan yang tampil pada layar LCD kamera.

memory card dslr error digitografi
Card's write protect switch is set to lock

Error tersebut salah satunya adalah "Card's write protect switch is set to lock" yang muncul seperti pada gambar di atas. Beberapa dari kalian pasti merasa kebingungan dengan hal tersebut, bahkan ada yang mengira kalau kamera-nya yang error atau bahkan kamera-nya mungkin rusak. Kalau kita bisa memahami notifikasi error tersebut kita sudah bisa menganalisa kalau sumber error-nya berasal dari card atau kartu yang tidak lain adalah memory card tempat kamera menyimpan data foto atau video.

Apabila kalian mendapati error tersebut, tidak usah terburu-buru untuk ke tukang service kamera. Sebisa mungkin kalau terjadi kendala atau error pada kamera kalian, selesaikan sendiri, karena dengan kita mencari solusi sendiri kita menjadi lebih paham soal kamera dan lebih peka. Ada banyak literatur mengenai kamera, salah satunya adalah website ini, yang mungkin bisa memberikan sedikit solusi mengenai masalah yang kalian alami. Langsung saja saya akan memberi beberapa tips mengatasi "Card's write protect switch is set to lock".

Matikan Kamera (OFF)

Sebelum melepas memory card usahakan untuk mematikan kamera terlebih dahulu. Kenapa harus dimatikan? Secara simple-nya ketika kamera dalam keadaan hidup otomatis akan ada aliran listrik yang mengalir di semua komponen kamera yang membutuhkan daya listrik. Slot memory card adalah salah satu yang bisa berfungsi apabila mendapat asupan listrik, seketika itu memory-nya dicabut tentu lama kelamaan akan mengalami mal-fungsi.

kamera dslr posisi off atau mati digitografi
Kamera DSLR dalam posisi OFF atau mati

Lepas Memory Card (SD Card)

Dalam kasus ini saya menggunakan kamera Canon 1100D, jadi letak memory card-nya berada di bagian bawah, bersebelahan dengan tempat baterai. Untuk setiap merek atau type kamera tentunya letak memory card-nya tidak sama, ada yang terpisah dengan baterai atau mungkin ada yang letaknya di bagian samping body kamera (samping kiri atau kanan). Setelah dilepas lalu pasang kembali memory card tersebut dan hidupkan kamera.

Cara membuka penutup memory card kamera DSLR Canon 1100D
Cara membuka penutup memory card kamera DSLR Canon 1100D

Cara melepas memory card kamera DSLR Canon 1100D
Cara melepas memory card kamera DSLR Canon 1100D

Apabila error masih tetap muncul, ulangi langkah – langkah di atas, namun ketika memory dilepas jangan langsung dipasang. Ikuti langkah selanjutnya di bawah.

Cek Lock (Switch) Memory Card

Pada setiap memory SD Card (baca jenis memory card) atau Full SD, apapun itu mereknya di bagian samping terdapat panel lock (write-protection switch) yang berfungsi untuk memproteksi memory tersebut. Apabila panel lock berada pada posisi atas itu berarti memory dalam keadaan unlock (tidak terkunci) artinya memory tersebut bisa dibaca oleh perangkat seperti kamera DSLR. Namun sebaliknya, apabila panel lock berada pada posisi bawah atau turun itu berarti memory dalam keadaan lock (terkunci) artinya perangkat lain tidak bisa membaca (read, write, delete) memory tersebut.

Write-protection switch pada SD Card
SD Card kamera
Write-protection switch pada SD Card
Write-protection switch pada SD Card (posisi unlock)

Ketika notifikasi error seperti di atas tersebut muncul, seharusnya panel lock berada pada posisi bawah atau turun. Apabila sudah pada posisi unlock, pasang kembali memory card tersebut, lalu hidupkan kamera-nya. Apakah masih muncul error yang sama? Apabila masih, ikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

Removing Digital Write Protection on Windows

Untuk mengikuti langkah ini, yang kalian butuhkan adalah Laptop atau Notebook atau PC. Namun syaratnya adalah memiliki port untuk SD Card, kalau tidak ada kalian bisa menggunakan Card Reader.
Card reader all in one
Card reader all in one

Masukkan memory card kedalam port SD Card, pastikan memory terbaca oleh OS (dalam hal ini saya menggunakan Windows 7 Ultimate). Apabila tidak terbaca, coba geser panel memory card ke posisi lock dan cek lagi sudah terbaca di windows atau belum (memory card saya terbaca windows ketika posisi lock).
SD Card terbaca oleh komputer
SD Card terbaca oleh komputer

Buka Command Prompt Windows (CMD).

Command Prompt (CMD) pada windows
Command Prompt (CMD) pada windows

Klik kanan pada CMD dan run as administrator.

CMD run as administrator
CMD run as administrator

Maka akan muncul tampilan CMD seperti di bawah ini. Lalu ketikkan diskpart lalu tekan ENTER untuk membaca perangkat penyimpanan yang terhubung dengan komputer.
CMD diskpart
CMD diskpart

Ketikkan list disk lalu tekan ENTER  untuk mendapatkan list perangkat memory yang terbaca oleh komputer. Pada gambar dibawah terdapat 2 list perangkat yaitu Disk 0 dan Disk 1. Disk 0 merupakan harddisk yang terpasang pada laptop saya yaitu 500 GB (fisik). Disk 1 merupakan SD Card kamera saya yang berkapasitas 8 GB (fisik). Kalian sesuaikan saja dengan SD Card yang kalian miliki. Kemudian pilih disk SD Card tersebut , dalam hal ini saya memilih disk 1, ketikkan select disk 1 lalu tekan ENTER.

CMD list disk
CMD list disk

CMD select disk
CMD select disk

Langkah terakhir adalah dengan menghapus attribute readonly yang ada pada SD Card kita. Caranya yaitu dengan mengetik attributes disk clear readonly lalu tekan ENTER. Apabila attribute berhasil dihapus maka akan muncuk keterangan success.

CMD attributes disk clear readonly
CMD attributes disk clear readonly

Eject SD Card dari komputer lalu pasang kembali pada kamera kalian, cek apakah masih terdapat notifikasi error yang sama atau tidak.
Eject disk from the computare
Eject disk from the computare

Ternyata masih error?
Sudah dipastikan kalau switch lock pada memory card kalian yang bermasalah. Coba kalian geser pelan – pelan ke arah unlock, pasang kembali ke kamera. Ulangi langkah tersebut sampai SD Card bisa terbaca oleh kamera. Hal ini saya alami sediri, anisa saya adalah tembaga atau kuningan switch lock sudah jelek atau mungkin karatan atau patah di dalamnya sehingga switch tidak berfungsi. Tapi yang jelas, ujung dari permasalahan adalah pada memory card bukan pada kameranya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian, terima kasih yang sudah mengikuti ulasan dan mempraktekannya. Good Luck.
Load disqus comments

0 komentar