1/26/2020

Dazzling Paradox Gaming PC Casing Fan atau Kipas untuk Komputer Editing Foto


Dalam dunia fotografi pastinya tidak lepas dari yang namanya proses editing foto. Dalam mengedit foto tentunya membutuhkan suatu software tertentu seperti Photoshop. Software tersebut mempunyai requirement PC atau komputer yang sesuai. Di dalam komputer terdapat berbagai macam komponen yang saling terintegrasi. Salah satu yang akan kita bahas adalah fan atau kipas pendingin komponen di dalam casing komputer. Fan merupakan salah satu perangkat wajib dan merupakan salah satu komponen vital yang bertugas mendinginkan komponen lainnya. Bayangkan apabila tidak ada fan, tentunya komponen – komponen tersebut akan over heating apabila digunakan dalam jangka waktu tertentu atau jangka waktu yang cukup lama. Apabila sudah over heating tentunya akan merusak komponen tersebut dan bahkan bisa terbakar.

kipas casing pc dazzling paradox gaming 1200 rpm dengan LED RGB
Dazzling PC Casing Fan with LED


Ada berbagai macam jenis fan yang ada di pasaran, mulai dari yang non RGB dan yang RGB. RGB pun masih ada jenisnya, mulai dari yang bisa di sync dengan motherboard ada juga yang static (tidak bisa di ubah – ubah nyala lampunya). Yang static ini tentunya memiliki harga yang lebih murah dibanding yang dynamic (bisa sync dengan motherboard misalnya dengan AURA SYNC milik ASUS). Fan juga memiliki material yang berbeda – beda dan yang paling dilihat dari sebuah fan adalah kecepatan putaran per detik nya. Kali ini saya akan sedikit membahas sebuah fan yang dikeluarkan oleh Paradox Gaming yaitu dengan type Dazzling Static RGB. Kenapa saya memilih fan ini?

Kecepatan Fan Dazzling

Dazzling PC casing fan memiliki 7 lembar daun kipas dan memiliki kecepatan 1.200 RPM ± 10%. Dengan kecepatan tersebut tentunya membuat sirkulasi udara di dalam PC casing Kalian semakin sempurna. Komponen di dalam PC akan tetap terjaga suhunya sehingga mencegah over heating.

Dazzling Paradox Gaming Fan menggunakan konektor Molex Male/ Female digitografi
Dazzling Paradox Gaming Fan menggunakan konektor Molex Male/ Female

Tampilan Elegan dan Hi-Tech

Dazzling PC casing fan memiliki tampilan dengan warna hitam dibalut dengan list putih LED 5 warna cahaya yang melingkar di bagian rangka depan membuat tampilan Dazzling paradox gaming semakin terlihat menarik, elegan dan pastinya Hi-Tech.

Paradox Gaming Dazzling Fan memiliki tampilan yang elegan dan Hi-Tech digitografi
Paradox Gaming Dazzling Fan memiliki tampilan yang elegan dan Hi-Tech
Paradox Gaming Dazzling Fan memiliki kecepatan 1200 RPM digitografi
Paradox Gaming Dazzling Fan memiliki kecepatan 1200 RPM

Paradox Gaming Dazzling Fan Menggunakan LED / RGB Static digitografi
Paradox Gaming Dazzling Fan Menggunakan LED / RGB Static

Dazzling PC casing fan memiliki ukuran 12 X 12 X 2.5 cm dan dibekali dengan teknologi Air Flow mencapai 36 CFM ± 10% dan Air Preasure mencapai 1.1 mm H2O ± 10 %. Kipas Dazzling paradox gaming ini menggunakan 8 (delapan) buah karet peredam, sehingga ukuran tingkat kebisingannya hanya 23.2 dBA yang tidak akan mengganggu konsentrasi dalam penggunaan sehari – hari.
Untuk spesifikasi lengkap dari fan ini, silahkan lihat table di bawah ini :

Spesifikasi Dazzling Fan Paradox Gaming
Model No.
JNP – CF12D2RB0415
Features
12025 / 12CM / 12V / 15 LED Lights On Frame
Mixed LED Color Options
Red/Blue/Green/Yellow/Pink (5 Color Mix) With 8pcs Rubber vibration shim
Fan Speed
1.200 RPM ± 10%
Cable Length
420mm
Color
Black frame & milky tube
Leaf Color
Black
Leaf QTY
7 pcs
Bearing Type
Hydraulic
Air Flow
36 CFM ± 10%
Air Pressure
1.1 mm H2O ± 10%
Noise Level
23.2 dBA
Motor Spec
24mm
Life Expectancy
30.000
Fan Size
120 mm (12 cm) x 120 mm (12 cm) x 25mm (2,5 cm)
Connector
1 x Big (Molex) 4 Pins Male & Female

Untuk urusan fan, selain menggunakan Dazzling Paradox Gaming ini, saya juga menggunakan fan lain yang non-LED, yaitu menggunakan Deep Cool XFAN 120. Untuk fan tersebut akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Load disqus comments

0 komentar