3/25/2020

Webcam Logitech C525 untuk live streaming atau video conference di komputer atau laptop (Work From Home)

Logitech C525 Portable HD Webcam

Di era kemajuan teknologi yang begitu cepat seperti sekarang ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah tanpa melakukan rutinitas pergi ke kantor. Peralatan yang wajib dibutuhkan adalah sebuah gadget dan juga koneksi internet. Gadget tersebut biasanya berupa laptop atau komputer (PC), tablet ataupun smartphone. Penggunaan gadget tersebut adalah untuk melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home) berupa editing, excel, word, programming dan masih banyak lagi tools yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan tersebut.

Webcam Logitech C525 untuk live streaming atau video call
Webcam Logitech C525 untuk live streaming atau video call


Walaupun pekerjaan dilakukan dirumah, namun sesekali memerlukan waktu untuk bisa berkumunikasi secara face to face (tatap muka) untuk meeting jarak jauh melalui video conference atau video call. Untuk menggunakan video call tentunya membutuhkan peralatan tambahan berupa kamera atau webcam. Laptop dan smartphone tentunya sudah dilengkapi peralatan tersebut dari produsen pembuat gadget tersebut, namun bagaimana dengan komputer atau PC?

Logitech Webcam C525
Logitech Webcam C525

Pada komputer kita membutuhkan sebuah external webcam agar kita bisa melakukan video call. Ada berbagai macam jenis ataupun merek webcam yang ada di pasaran dengan rentang harga dan kualitas kamera yang berbeda – beda. Pada kesempatan kali ini, saya sedikit mengulas mengenai webcam yang dikelurkan oleh brand ternama yaitu LOGITECH. Tipe webcam tersebut adalah Logitech C525 PORTABLE HD WEBCAM. Kenapa saya memilih kamera ini? Tentunya karena brand yang ternama pasti memiliki produk yang berkualitas.

Design Webcam

Memiliki design yang menurut saya elegan, ibarat rumah itu sangat minimalis dan enak dipandang mata. Webcam ini terbuat dari plastik kuat dan dibalut dengan perpaduan warna Hitam metalik dan hitam doff. Terdapat tulisan logi di bagian depan webcam. Kenapa logi, bukan logitech? Mengutip dari beberapa sumber, logi merupakan produk keluaran terbaru, sedangkan produk keluaran lama masih menggunakan nama logitech. Ini berlaku di hampir semua produk logitech, jadi kalau kalian beli produk webcam misalnya dan masih menggunakan nama logitech, bisa dibilang itu produk lama dan itu tidak berarti kualitasnya jelek.

Ada sedikit sentuhan warna orange di bagian poros putar webcam, menurut saya warna orange ini bertujuan sebagai penanda posisi webcam ketika diputar. Maksudnya adalah ketika warna orange masih terlihat oleh mata kita, itu berarti posisi kamera belum center (belum pada posisi ditengah).

Bracket Webcam

Logitech C525 memiliki bracket yang fungsional, artinya bisa dipasang di semua jenis monitor komputer. Saya sendiri menggunakan monitor curve 24” dan bezel nya tipis tidak masalah dan tidak terlalu menutupi layar (hanya sekitar 2 mm yang menutupi layar), jadi tidak menggangu sama sekali. Pada bagian bracket yang akan bersentuhan langsung dengan monitor, terdapat lapisan seperti busa atau karet, sehingga sangat aman untuk monitor kalian, tidak akan baret dan akan menempel cukup kuat.

Flexible bracket logitech Webcam C525
Flexible bracket logitech Webcam C525
Penempatan Webcam Logitech C525 pada monitor curve dengan bazel yang tipis
Penempatan Webcam Logitech C525 pada monitor curve dengan bazel yang tipis

Bracket webcam ini bisa diatur disesuaikan dengan bentuk monitor yang kita miliki. Selain itu posisi kamera ini bisa diputar 360 derajat serta posisinya bisa di naik turunkan disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Konektor Webcam

Logitech C525 menggunakan konektor USB Type A, atau tipe USB yang biasa kalian pakai untuk menghubungkan mouse, keyboard atau flashdisk.

USB Type A logitech Webcam C525
USB Type A logitech Webcam C525


Fitur Webcam

Kamera

Bisa merekam video dengan resolusi 720P/ 30fps dan foto dengan kualitas 8 MP. Webcam ini dilengkapi fitur Autofocus, sehingga ketika kalian melakukan video call tidak akan blur. Selama saya gunakan, fitur autofokus ini bekerja dengan baik, walaupun tidak ada fitur face detection. Hasil video dengan kualitas 30fps cukup halus tidak patah – patah, ya walaupun tidak sejernih yang kita harapkan tetapi ini cukup bagus kalau untuk sekedar video conference bukan untuk live streaming menjadi seorang youtuber. Webcam ini juga dilengkapi dengan fitur HD light correction, sehingga pada kondisi minim cahaya sekali pun masih bisa untuk diandalkan.

Menu untuk menampilkan pengaturan Goodle Meet
Menu untuk menampilkan pengaturan Goodle Meet
Pilih settings pada Google Meet untuk mengaktifkan webcam
Pilih settings pada Google Meet untuk mengaktifkan webcam
Pada Menu Audio dan Video pilih mic & camera Logitech HD Webcam C525
Pada Menu Audio dan Video pilih mic & camera Logitech HD Webcam C525

Kalian bisa mengatur kamera kalian menggunakan software atau aplikasi yang dapat kalian download dari website resmi logitech. Pada aplikasi tersebut terdapat beberapa fitur untuk mengatur kamera, seperti brightness, contrast, auto focus, color intensity, auto white balance, zooming, naik turun dan kanan kiri posisi objek pada frame.

Shortcut aplikasi logitech webcam setelah di install di komputer
Shortcut aplikasi logitech webcam setelah di install di komputer
Tampilan Home aplikasi webcam Logitech C525
Tampilan Home aplikasi webcam Logitech C525
Tampilan Advance aplikasi webcam Logitech C525
Tampilan Advance aplikasi webcam Logitech C525

Microphone

Selain kamera, webcam ini tentunya sudah include mic mono (bukan stereo) dan fitur noise-reducing dengan kualitas yang sangat amat baik, kenapa saya bisa simpulkan seperti itu? Karena mic logitech C525 ini bisa mendeteksi suara dengan sangat baik walaupun pada jarak 4 meter. Dengan suara normal pada jarak tersebut, lawan di video conference kita masih bisa mendengar dengan jelas. Bagaimana jika kita menggunakan audio (speaker aktif) external? Tidak usah khawatir, suara dari lawan bisa kita yang keluar dari speaker tidak akan di deteksi oleh mic, sehingga lawan bicara kita tidak akan mendengar suaranya sendiri. Ini lah fitur yang sangat bagus menurut saya.

Spesifikasi dan detil Lengkap Logitech C525 Portable HD Webcam

Persyaratan System
Operating System (OS) : Windows 7, 8, 10 atau yang paling baru
Kompatibel dalam mode USB Video Device Class (UVC) dengan klien panggilan video yang di dukung : macOS 10.10 atau versi terbaru, ChromeOS dan Android V5.0 aatau versi di atasnya
Port USB : Type A
Akses Internet
Video calls : Kompatibel dengan Skype, Google Hangouts, Google Meet, dan FaceTime for Mac

Spesifikasi Teknikal
Resolusi max
720P/30fps
Jenis fokus
Autofocus
Teknologi lensa
Standar
Microphone internal
Mono
FoV
69 derajat
Bracket
Klip universal cocok dengan berbagai jenis monitor
Panjang Kabel
1,5 meter

Isi Box
1 buah webcam logitech C525 dengan panjang kabel 1,5 meter
Manual penggunaan
Garansi perangkat keras 2 tahun
Part Number (PN : 960-000717)


Load disqus comments

0 komentar