8/09/2017

Keindahan Panorama Jogja Sebagai Tujuan Hunting Para Pecinta Fotografi

Beberapa bulan lagi kita akan memasuki bulan Desember. Ada apa dengan bulan Desember? Ya, bulan Desember berarti bulan di penghujung tahun 2017 ini, artinya sebentar lagi kita akan merayakan pergantian tahun (tahun baru) 2018. Sudahkah kalian merencanakan akan merayakan tahun baru dimana? Di Ibu kota Jakarta pastinya macet sekali, sedangkan di Tangerang paling ke Alam Sutera saja untuk melihat pesta kembang api. Bosan, terlalu mainstream. Saya sarankan kalian untuk berlibur ke kota istimewa yang berjuluk kota pelajar yaitu YOGYAKARTA atau yang lebih dikenal dengan kota Jogja.

Keindahan kota Jogja serta keramahan penduduknya memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kekentalan budaya yang masih terjaga serta bentang alam yang indah membuat daya tarik bagi kalangan pecinta fotografi juga. Ada beberapa destinasi wisata yang memili view menarik diantaranya adalah Malioboro, Taman Sari, Borobudur, Perambanan, Alun-alun, Pantai Siung, Pantai Indrayanti, Pantai Wediombo dan Bukit Pengilon.
Keindahan kota Jogja serta keramahan penduduknya memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kekentalan budaya yang masih terjaga serta bentang alam yang indah membuat daya tarik bagi kalangan pecinta fotografi juga. Ada beberapa destinasi wisata yang memili view menarik diantaranya adalah Malioboro, Taman Sari, Borobudur, Perambanan, Alun-alun, Pantai Siung, Pantai Indrayanti, Pantai Wediombo dan Bukit Pengilon.



Jogja merupakan sebuah Propinsi yang letaknya berbatasan dengan Jawa Tengah, kota kecil ini menawarkan destinasi dan juga view yang bagus untuk liburan kita. Kita bisa merayakan tahun baru di Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, atau mungkin di Candi Perambanan di Sleman. Tentunya kalau kita merayakan di candi tersebut sangat menarik dan anti mainstream.

Bagi kalian yang menyukai Fotografi tentunya ingin sekali mengabadikan moment tersebut bukan? View yang ditawarkan diatas candi sangat menarik dan akan menjadikan kalian betah untuk berlama – lama disana. Setelah kita merayakan tahun baru di candi tersebut, kesokan harinya kita bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya yang tentunya memiliki view atau pemandangan yang sangat luar biasa. Saya akan menjelasakan beberapa destinasi yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Jogja.

Kota Jogja

Malioboro merupakan salah satu kawasan perdagangan yang teletak di jantung kota Jogja. Letaknya strategis karena bersebelahan dengan stasiun tugu. Di sepanjang jalan Malioboro berderet para pedagang, mereka rata-rata berjualan souvenir khas Jogja seperti kaos, batik dan kerajinan tangan. Di sepanjang jalan itu pula kita bisa melihat becak dan andong (delman) berlalu lalang dijalan. Bagi kalian yang ingin menginap, disekitaran Malioboro dan stasiun tugu juga banyak berdiri penginapan sederahana sampai hotel berbintang juga ada di kawasan itu. Ketika malam hari kawasan ini berubah menjadi kawasan kuliner para pedagang kaki lima yang menyajikan berbagai macam menu, mulai dari ayam goreng, bebek bakar, dan tentunya tak lupa gudek khas Jogja. Untuk masalah harga, memang agak sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pedagang kaki lima dikawasan lain di Jogja.

Menjelang malam sekitar pukul  09:00 WIB kawasan ini malahan semakin ramai terutama ketika weekend. Keramaian biasanya terpusat di 0 KM atau mungin kita mengenalnya dengan perempatan malioboro. Biasanya banyak sekali anak muda (kebanyakan mahasiswa/i) yang nongkrong/ kongkow di kawasan ini.  Berbagai aktivitas dilakukan mereka, seperti main skate board, berdandan ala pocong, kuntilanak dan pastinya banyak juga yang sekedar foto – foto. Untuk view dimalam hari memang cukup menarik, karena di sebrang jalan berdiri bangunan besar arsitektur belanda dengan sorotan lampu yang tajam. Bangunan tersebut adalah bank BNI, Kantor POS dan juga Bank Indonesia. Kalian masih ingat film Java Heat? Salah satu adegannya di depan BNI itu.

0 KM Jogja yang letaknya di perempatan Malioboro dengan deretan gedung dengan arsitek Belanda membuat suasana disekitar menjadi menarik dan unik.
0 KM Jogja yang letaknya di perempatan Malioboro dengan deretan gedung dengan arsitek Belanda membuat suasana disekitar menjadi menarik dan unik.


Selanjutanya kita akan menuju alun – alun kidul (Selatan)  atau ALKID. Kenapa bukan alun – alun Utara? Karena pusat keramaian bukan berada di alun – alun utara melainkan selatan. Di alkid berderet puluhan kendaraan yang disebut odong – odong modifikasi super keren yang disewakan ke pengunjung. Odong – odong itu sudah dimodifikasi dengan hiasan lampu di semua body nya dan juga full musik. Kalian bisa memasukkan gadget anda (smartphone/ tablet/iphod) untuk memutar musik kesukaan kalian. Kalian bisa berfoto disana dengan background odong – odong modifikasi tersebut.

Kita beralih ke wisata di pagi harinya setelah semalaman berada di sekitar Malioboro dan alun – alun selatan (alkid). Tamansari, yang letaknya berdekatan dengan alkid. Di Tamansari ada sebuah kolam pemandian yang konon dulu adalah tempat mandinya para selir Raja. Pertama masuk kawasan ini kita diharuskan membayar retribusi masuk yang sangat murah kisaran 5 ribuan. Setelah kita masuk, kita akan melewati terowongan yang cukup bagus buat di foto – foto. Kemudian kita akan sampai di dalam bangunan, yaitu kolam yang cukup luas dengan ukiran – ukiran bangunan yang sangat menarik dan akan membuat mata anda takjup. Manfaatkan kamera DSLR anda untuk mengabadikan moment tersebut, untuk prewedding juga rekomended banget. 

Gunung Kidul

Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini adalah surga bagi pecinta alam, baik itu pegunungan ataupun pantai. Bagi yang suka mendaki gunung ada gunung purba disana. Untuk yang suka kepantai ada puluhan destinasi pantai yang wajib kalian kunjungi. Langsung saja kita bahas beberapa pantai tersebut.

Pantai Indrayanti

Dipantai ini terdapat karang besar yang bisa kita naiki, karena sudah dibuat jalannya. Dibagian puncaknya juga disediakan tempat untuk bersantai dan melihat suasana dipantai. Kalau kalian penah ke tanah lot Bali, mungkin di sini adalah tanah lot nya Jogja. Kalian bisa menggunakan lensa tele kalian untuk memotret aktivitas orang yang berada di bawah batu karang. Pokoknya dijamin puas melihat pemandangan di area sekitar yang masih sangat hijau, berbeda dengan pantai yang berada di ibu kota, pantai Ancol misalnya.

Pantai Indrayanti yang memiliki view menarik dan banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini seperti kute nya Jogja
Pantai Indrayanti yang memiliki view menarik dan banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini seperti kute nya Jogja.


Pantai Wediombo

Dari namanya saja sudah antimainstream. Mungkin banyak yang belum mengenal pantai ini, bahkan mungkin baru pertama kali mendengarnya. Pantai Wediombo ini letaknya masih di Jogja, lebih tepatnya di wilayah desa Jepitu, Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Kira – kira 1,5 jam dari Wonosari. Kondisi jalan menuju pantai tersebut lumayan bagus, bisa dilalui semua kendaraan, termasuk Bus. Disana sudah tersedia lahan parkir yang cukup memadai. Di sepanjang jalan kita bisa melihat hijaunya pepohonan di kanan dan kiri jalan. Untuk kalian yang bernencana menginap di sana, juga tersedia banyak penginapan dengan harga yang relatif.

Sunset di Pantai Wediombo sangat indah dan terkesan romantis
Sunset di Pantai Wediombo sangat indah


Untuk menuju ke pantainya dari lokasi parkir, kita harus berjalan kaki kira-kira 400 meter. Jarak yang tidak terlalu jauh, itung-itung olahraga melemaskan otot-otot kaki hehe. Setelah berjalan selama beberapa menit kita akan menjumpai pantai Wediombo dengan pasir putih yang halus dibanding dengan pantai lainnya di Jogja. Banyaknya bebatuan karang disekitar pantai menambah view pantai semakin menarik dan tentunya sangat cocok digunakan sebagai background foto kita. Disekitaran pantai ini juga terdapat kolam alami yang airnya berasal dari air laut. Kalian bisa bermain air dikolam ini. Ketika hari menjelang sore atau senja, jangan ketinggalan untuk menyaksikan sunset di pantai ini. Sayup sinar matahari yang mulai tenggelam dibalik cakrawala menjadikan suasana romantis. Apalagi bila moment ini di abadikan dengan kamera DSLR kalian bersama pasangan.

Suasana sunset di Pantai Wediombo terkesan romantis
Suasana sunset di Pantai Wediombo terkesan romantis


Pantai Siung

Nama pantai ini pasti belum terlalu banyak dikenal oleh para wisatawan dari luar jogja. Padahal tempat ini adalah salah satu spot fotografi yang sangat recomended. Lokasinya tidak jauh dari pantai Wediombo, kurang lebih 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Siung merupakan salah satu pantai di Jogja yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan
Pantai Siung merupakan salah satu pantai di Jogja yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan


Untuk mencapai pantai ini kita tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh, seperti ke pantai Wediombo karena lokasi parkirnya di dekat pantai.  Yang menarik dari pantai ini bukan pasirnya, tapi bukit yang ada di pantai ini. Bukit ini dikenal dengan nama bukit “Pengilon”. Untuk mencapai bukit ini deperlukan sedikit perjuangan, bisa dikatakan cukup menantang adrenalin bagi yang tidak pernah mendaki gunung. Kenapa bisa seperti itu? Karena jalan menuju ke atas bukit merupakan jalan setapak berupa tangga buatan dari tanah yang licin bila terkena guyuran hujan. Setelah mencapai puncak bukit kita akan melihat hamparan hijau seperti bukit teletubies hehe. Dari atas bukit kita bisa melihat laut lepas dengan deburan ombak yang menerpa karang disekitar bukit. Pokoknya viewnya sangat bagus, surganya bagi pecinta fotografi.

Bukit Pengilon terletak tidak jauh dari pantai Wediombo
Bukit Pengilon terletak tidak jauh dari pantai Wediombo

Hijaunya Bukit Pengilon semakin menyejukkan mata
Hijaunya Bukit Pengilon semakin menyejukkan mata

Spot yang bagus untuk berfoto di Bukit Pengilon Jogja
Spot yang bagus untuk berfoto di Bukit Pengilon Jogja

Ombak yang berdebur dan Bukit Pengilon yang hijau memiliki view yang sangat menarik
Ombak yang berdebur dan Bukit Pengilon yang hijau memiliki view yang sangat menarik



Next time saya akan mencoba mengulas destinasi lainnya, mungkin masih disekitar Jogja atau mungkin di wilayah lainnya yang tentunya tidak kalah bagusnya dan pastinya yang cocok buat para pecinta fotografi. Thanks.
Load disqus comments

0 komentar