8/12/2017

Review KOGAN Sports Action Camera 12 MegaPixel dengan Harga Murah

Action Camera belakangan ini banyak diburu dan digunakan oleh pecinta fotografi di manapun mereka berada, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di negara – negara lain atau luar negeri juga sama. Di Indonesia sendiri bukan hanya pecinta fotografi saja yang memiliki kamera jenis ini, tetapi para remaja hingga orang dewasa yang suka berfoto narsis atau selfie juga berlomba-lomba untuk memilikinya. Sedikit melihat ke belakang, kepopuleran kamera jenis ini diawali atau dipelopori oleh perusahaan elektronik GoPro (baca juga GoPro HERO 5 Black versi terbaru). Sebelumnya, action camera ini banyak digunakan oleh pecinta olahraga extrim dunia. Mereka memasang kamera ini pada bagian tetentu, misalnya helmet atau dasboard mobil, ketika mereka beraksi.

Kogan Sports Action Camera memeberikan solusi dan pilihan bagi kalian yang sangat menginginkan action camera namun hanya memiliki budget yang sedikit. Kogan dibekali dengan kamera 12 MegaPixel, Layar LCD serta WIFI.
Kogan Sports Action Camera memeberikan solusi dan pilihan bagi kalian yang sangat menginginkan action camera namun hanya memiliki budget yang sedikit. Kogan dibekali dengan kamera 12 MegaPixel, Layar LCD serta WIFI.


Action camera ini banyak digemari karena bentuknya yang mungil atau kecil, praktis bisa dibawa kemana-mana bahkan bisa ditaruh pada saku baju yang cukup sempit sekalipun. Berbeda dengan kamera DSLR (baca juga kamera DSLR atau Prosummer) yang memiliki bentuk cukup besar, berat dan membutuhkan alat penyimpanan atau tas khusus apabila akan dibawa pergi. Kogan hadir dengan desain yang simple dan bentuknya agak mirip dengan GoPro, namun dipasaran kamera merek Kogan ini diperjual belikan dengan harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan merek GoPro. Dengan harga jual yang murah tetapi tidak murahan, seperti membawa angin segar bagi para peminat action camera. Bayangkan saja apabila kalian ingin membeli kamera GoPro versi terbaru harus merogoh kocek diatas 5 juta rupiah, sedangkan kogan ini harganya dibawah 1 juta rupiah.

Harga menentukan kualitas, istilah tersebut memang benar dan berlaku untuk hampir semua jenis produk (bukan hanya kamera saja) bisa baju, kendaraan, smartphone dan masih banyak contoh lainnya. Dengan adanya istilah tersebut di atas, bukan berarti harga yang murah otomatis murahan, cepat rusak, tidak berkualitas dan lain sebagainya. Dengan harga yang murah biasanya perbedaan muncul pada fiturnya dan brand-nya saja. Maksudnya GoPro merupakan brand atau merek dagang yang sudah terkenal di seluruh dunia, fitur pada kamera tersebut juga banyak, maka dari itu dibandrol dengan harga yang mahal. Untuk Kogan sendiri sebenarnya memiliki fitur yang cukup lumayan apabila digunakan hanya sekedar untuk kepentingan foto atau video pribadi, bukan untuk kepentingan pertelevisian atau videografi atau fotografi profesional.

Spesifikasi Kogan Sports Action Camera

HARGA
Rp 300.000 – Rp 600.000
RESOLUSI
CAMERA 12 MP, VIDEO HD 1080P
WARNA
PUTIH
LAYAR
2.0”
BATERAI
1000 mAh
MEMORY CARD
Micro SD Hingga 64 GB
WATER RESIST
30 Meter

Kelengkapan Box Kogan Sports Action Camera

  • 1 Unit action camera Kogan
  • 1 Case anti air
  • Kain Pembersih
  • Kabel USB 
  • 5-9 Dudukan yang bisa digunakan untuk berbagai macam alat
  • Baterai
  • Charger
  • Buku Panduan
  • Kartu Garansi 

Unit baru Kogan Sports Action Camera dilengkapi dengan beberapa peralatan tambahan seperti water case, kain pembersih dan dudukan kamera
Unit baru Kogan Sports Action Camera dilengkapi dengan beberapa peralatan tambahan seperti water case, kain pembersih dan dudukan kamera

Setelah kita tahu spesifikasi umum pada Kogan, selanjutnya kita akan bahas mengenai fiturnya, Ada beberapa fitur yang dimiliki action camera Kogan, diantaranya adalah sebagai berikut :

WIFI Kogan Sports Action Camera

Pada versi sebelumnya, Kogan hadir di Indonesia tanpa dibekali dengan fitur WiFi untuk memudahkan pengaturan atau pengambilan gambar. Pada versi tebaru ini, Kogan hadir dengan resolusi kamera 12MP plus Wifi. Apa sih fungsi WiFi pada action camera? WiFi atau jaringan nirkabel adalah salah satu teknologi untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel. Pengaplikasian WiFi pada kamera ini adalah pengaturan pengambilan gambar atau foto dapat dilakukan melalui smartphone. Kogan menyediakan software khusus yang bisa kalian download dan di install pada smartphone. Cukup nyalakan fitur WiFi pada kamera kemudian nyalakan pula WiFi pada smartphone, cari nama signal WiFi dari kamera tersebut dan sambungkan. Setelah tersambung semua kontrol pada kamera berada pada smartphone.

WATER PROOF Kogan Sports Action Camera

Seperti action camera lainnya yang bisa digunakan di dalam air, Kogan juga bisa digunakan untuk berfoto ketika kita berada di dalam air, saat berenang misalnya. Namun agar bisa digunakan, harus dipasang terlebih dahulu aksesoris atau perlengkapan tambahan berupa Water Case yang terbuat dari plastik. Tidak usah khawatir, untuk water case ini biasanya include di dalam box ketika kita melakukan pembelian unit baru jadi kita tidak usah merogoh kocek lagi untuk membelinya.

Water Case pada Kogan Sports Action Camera
Water Case pada Kogan Sports Action Camera

Ada beberapa fitur lainnya yang dikhususkan pada mode settingan pengambilan gambar seperti white balance, color, sharpness, ISO, Exposure (Segitiga Exposure), Face detection, auto power off.

Berikut saya tampilkan bentuk kamera dari berbagai sudut :
Pada bagian depan terdapat tombol power. Seperti pada gambar di atas.
Pada bagian belakang terdapat LCD 2.0”.

LCD pada Kogan Sports Action Camera
LCD pada Kogan Sports Action Camera

Pada bagian atas terdapat tombol OK dan shutter.

Tombol OK untuk meng-capture foto
Tombol OK untuk meng-capture foto

Pada bagian samping kiri terdapat port USB, Micro SD, Charge.

Port USB untuk Charger, microSD dan HDMI Kogan
Port USB untuk Charger, microSD dan HDMI Kogan

Pada bagian samping kanan terdapat 2 tombol untuk navigasi menu LCD.

Tampilan kogan dari sebelah kiri terdapat 2 buah tombol gulir
Tampilan kogan dari sebelah kiri terdapat 2 buah tombol gulir

Pada bagian bawah terdapat penutup baterai.

Bagian bawah kamera Kogan terdapat space untuk baterai
Bagian bawah kamera Kogan terdapat space untuk baterai


Demikin sedikit review mengenai Kogan Sports Action Camera, semoga bisa memberikan gambaran kepada kalian mengenai kamera merek ini. Pada kesempatan berikutnya saya akan membahas jenis action camera lainnya, jadi jangan lupa pantau terus updatean dari digitografi. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar