8/17/2017

Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Spesifikasi Lengkap Kamera GoPro HERO 5 Black

GoPro, siapa sih yang tidak kenal dengan merek action camera yang satu ini. GoPro selama ini dikenal sebagai kamera yang digunakan oleh pecinta olahraga ekstrim, termasuk peselancar, pemain ski, skateboard dan juga BMX (coba lihat acara di NET TV yaitu X Games). Kamera GoPro juga popular dikalangan musisi seperti Rolling Stones dan Foo Fighters. Perusahaan GoPro ini juga menerima penghargaan Emmy Award rahun 2013 atas konstribusinya dalam industri pertelevisian. Perusahaan ini sendiri berbasis di San Mateo, California, Amerika Serikat dan didirikan oleh Nicolas Woodan yang kini menjabat sebagai CEO GoPro.
 
GoPro HERO 5 terdiri dari 2 versi yaitu Black dan Session dengan bentuk yang berbeda seperti terlihat pada gambar. GoPro HERO 5 Black dibandrol dengan harga kisaran Rp 5,7 Juta dengan spesifikasi baru yaitu water proof tanpa casing tambahan.
GoPro HERO 5 terdiri dari 2 versi yaitu Black dan Session dengan bentuk yang berbeda seperti terlihat pada gambar. GoPro HERO 5 Black dibandrol dengan harga kisaran Rp 5,7 Juta dengan spesifikasi baru yaitu water proof tanpa casing tambahan.

Sedikit mengulas sejarahnya, Nicolas Woodan mengembangkan GoPro setelah mendapat ide ketika berselancar di Australia. Sedikit demi sedikit ia mengumpulkan dana untuk mengembangkan kamera dengan menjual kalung kerang di  pantai Kalifornia. Produk pertama yang dibuat adalah kamera film 35mm yang diikat di pergelangan tangan dan dijual dgn harga 30$ AS di toko-toko ekstrim. Pada tahun 2009 GoPro meluncurkan kamera digital pertamanya yang mendukukung video beresolusi tinggi (High Definition/ HD).

Sampai saat ini, GoPro sudah mengeluarkan 5 generasi produk yang beredar di pasaran. Produk tersebut diantaranya adalah GoPro HERO, GoPro HERO2, GoPro HERO3, GoPro HERO4 dan GoPro HERO5 merupakan varian teranyar, hadir dengan sejumlah update dari segi spesifikasi dan fitur dibandingkan seri terdahulunya. Sementara itu, setiap tipe tersebut pun dibagi menjadi tiga seri, seperti seri Black, Silver, dan HERO, sebelumnya HERO White. Setiap seri tersebut menawarkan sejumlah perbedaan yang cukup signifikan, seperti HERO Black yang ditujukkan bagi kalangan professional, HERO Silver untuk pengguna amatir dan HERO yang dikhusukan bagi kelas pemula yang baru menggunakan GoPro.

Pada tahun 2016, diluncurkan GoPro versi paling baru yaitu HERO 5 Black dan GoPro HERO 5 Session. Versi terbaru ini memiliki beberapa penambahan atau perubahan fitur, bahkan kamera ini mampu dibawa menyelam pada keadalaman lebih dari 10 meter tanpa water case. Berikut adalah spesifikasi GoPro HERO 5 Black (karena kita fokus membahas HERO 5 Black).

Spesifikasi HERO 5 Black :

  • 12MP / 30 FPS BURST TIME LAPSE
  • 4K30/1440P80/ 1080P120
  • WATERPROOF 33FT (10M)
  • SIMPLE 1-BUTTON CONTROL
  • WIFI + BLUETOOTH
  • ADVANCED WIND NOISE REDUCTION
  • VOICE CONTROL
  • VIDEO STABILIZATION
  • AUTO-UPLOAD TO CLOUD
  • TOUCH DISPLAY
  • LOCATION CAPTURE
  • RAW + WDR PHOTOS


Unboxing GoPro HERO 5 Black :

  1. Kartu garansi
  2. Buku panduan
  3. CD driver
  4. Unit GoPro HERO 5 Black
  5. Mount
  6. Baterai
  7. Charger
  8. Sticker GoPro


Itulah spesifikasi dan isi dalam Box GoPro HERO 5 Black (baru). Bagi kalian yang penasaran dengan kelebihan kamera versi terbaru ini, saya akan menguraikan beberapa kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Kamera GoPro HERO 5 Black

Desain yang Eleghan dan Ringkas

Action Camera GoPro HERO 5 Black hadir dengan menawarkan banyak kelebihan, terutama adalah desain berukuran ringkas, membuatnya fleksibel untuk dipakai dan diletakan pada posisi, baik di darat maupun di dalam air, selain itu mudah dibawa kemana-mana dan bisa disimpan dalam saku, sangat efisien.

Desain GoPro HERO 5 Eleghan dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana
Desain GoPro HERO 5 Eleghan dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana

Tahan Air atau Water Proof dan Tahan Goncangan

Kalian dapat menggunakan kamera GoPro ini untuk berenang atau snorkeling di laut maupun berenang di sungai, jadi semua momen tidak akan terlewatkan. Yang menariknya, versi terbaru ini bisa tahan air tanpa water case atau aksesoris pelindung tambahan, berbeda dengan versi sebelumnya yang harus menambahkan water case terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya di dalam air. Selain tahan air, kamera GoPro ini juga tahan terhadap guncangan karena memiliki struktur atau komponen yang kokoh karena terbuat dari material yang berkualitas.

Action Camera GoPro HERO 5 Black yang tahan di dalam air (water Proof)
Action Camera GoPro HERO 5 Black yang tahan di dalam air (water Proof)

Foto dan Video yang Dihasilkan Berkualitas HD

Selain desainnya yang bagus, eleghan dan ringkas, kamera HERO 5 juga dapat menghasilkan kualitas foto dan video yang sangat baik, tidak kalah bagusnya dengan kamera DSLR maupun kamera digital yang lainnya. Karena Action camera ini dapat mengambil gambar dalam resolusi dengan lensa 12MP dan melakukan proses mengambil gambar 4K 30fps, dapat merekam video full HD pada 120fps. Jadi jika kalian mengabadikan momen berharga menggunakan kamera ini hasil yang didapat nantinya akan terlihat dengan jelas.

Resolusi kamera 12MP dan dapat mengambil gambar 4K 30fps dan merekam video full HD
Resolusi kamera 12MP dan dapat mengambil gambar 4K 30fps dan merekam video full HD

Banyak Aksesoris Pendukung

Kelebihan lainnya dari GoPro yaitu ketersediaan aksesoris pendukung yang banyak, seperti mount yang bisa kalian pasang di body, papan seluncur, pergelangan tangan, helmet atau bahkan dipasang pada dasboard mobil kalian. Untuk harga aksesorisnya itu sendiri memang beragam dan tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan merek lain.

Aksesoris atau perlengkapan pendukung GoPro HERO 5 Black
Aksesoris atau perlengkapan pendukung GoPro HERO 5 Black

Layar LCD dan GPS GoPro HERO 5 Black

Action camera ini memiliki LCD sentuh 2 inch dan juga memiliki modul GPS yang memiliki ukuran rancangan desain yang tidak begitu jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

LCD touchscreen 2 inch dan dibekali dengan GPS
LCD touchscreen 2 inch dan dibekali dengan GPS

Aplikasi atau Software Pendukung Untuk Androi, IOS dan Windows

GoPro HERO 5 Black memiliki ketersediaan aplikasi pendukung untuk berbagai platform, mulai dari Android, iOS, bahkan Windows Phone. Dengan begitu, kalian dapat menjadikan smartphone sebagai shutter kamera, view finder untuk  mengecek posisi objek, serta melakukan transfer file. Hal ini pun membuat GoPro tidak hanya cocok dipakai oleh para profesional atau pecinta olahraga ekstrim, melainkan kalian penyuka selfie pun akan cocok menggunakannya.

Software pendukung HERO 5 Black tersedia untuk Android, IOS dan Windows
Software pendukung HERO 5 Black tersedia untuk Android, IOS dan Windows

Selain banyaknya kelebihan, setiap produk apapun itu termasuk produk elektronik seperti action camera pasti mempunyai kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan kamera versi terbaru ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Kekurangan Kamera GoPro HERO 5 Black

Kapasitas Baterai yang Minim

HERO 5 Black hanya dibekali baterai berkapasitas minim 1160mAh, membuatnya hanya mampu dipakai selama 1 sampai 2 jam saja, jadi kalian harus sering mengisi baterai apabila sering menggunakannya, paling tidak memiliki powerbank apabila dibawa ke gunung.

GoPro HERO 5 Black dibekali dengan baterai Li-ion 1160 mAh
GoPro HERO 5 Black dibekali dengan baterai Li-ion 1160 mAh

Kapasitas Memory Card yang Minim

Selain baterai, GoPro pun mempunyai kapasitas memori penyimpanan yang kecil, tidak sebanding dengan hasil video berukuran besar yang dihasilkannya. Kendati demikian, hal tersebut dirasa wajar karena GoPro memang ditujukan untuk merekam momen yang durasinya singkat.

Untuk dua kekurangan di atas kalian dapat diatasi dengan mudah. Pertama, kalian dapat menyediakan baterai cadangan sehingga tidak kerepotan saat membawa GoPro bepergian. Kemudian, kalian pun dapat membawa memori cadangan atau laptop sehingga dapat transfer data atau memindahkan data dari memory card ke hardisk laptop dan memori kembali kosong tidak full.

Memory card yang digunakan oleh HERO 5 Black adalah jenis microSD
Memory card yang digunakan oleh HERO 5 Black adalah jenis microSD


Hanya Fokus Pada Mode Perekaman atau Video

Kemampuan kamera ini hanya fokus pada mode perekaman, membuat fitur pengambilan gambar belum dapat disejajarkan dengan hasil dari kamera DSLR. Sementara soal tidak adanya kemampuan Optical Image Stabilization, saat ini GoPro sudah memberikan solusi dengan menyediakan software Digital Stabilization.

Kurang lebih seperti itulah Action Camera GoPro HERO 5 Black versi terbaru yang dikeluarkan perusahaan GoPro. Silahkan kalian coba sendiri untuk merasakan sensasi yang lebih real. Tapi ingat, harga kamera ini tidaklah murah, di beberapa market place atau online shop kamera ini dibandrol dengan harga Rp 5.789.000 (example dari Bhinneka.com). Untuk di toko lainnya saya rasa tidak beda jauh kisaran harganya dengan yang saya sebutkan di atas.
Load disqus comments

0 komentar