5/10/2017

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Canon Inc Periode Pertama Tahun 1933 - 1961

Presiden pertama Canon bernama Takeshi Mitarai. Canon berawal dari sebuah laboratorium Precision Optical Instruments, yang didirikan di Roppongi, Minato-ku, Tokyo, Jepang pada tahun 1933 untuk melakukan penelitian mengenai kualitas sebuah kamera.
Presiden pertama Canon bernama Takeshi Mitarai. Canon berawal dari sebuah laboratorium Precision Optical Instruments, yang didirikan di Roppongi, Minato-ku, Tokyo, Jepang pada tahun 1933 untuk melakukan penelitian mengenai kualitas sebuah kamera.

Siapa yang tidak mengenal sebuah Perusahaan teknologi besar bernama CANON. Ternyata perusahaan sebesar ini mengalami pasang surut dalam hal bisnis sampai akhirnya produknya dikenal oleh dunia sperti sekarang ini. Perusahaan ini mengalami sederetan frase yang dilalui yang bisa dikatakan berliku - liku. Pada artikel saya kali ini saya akan membahas sejarah perkemabangan perusahaan CANON dari awal berdirinya sampai sekarang. Namun panjangnya sejarah perusahaan ini, maka saya akan membahasnya dalam beberapa artikel per periode. Jumlah totalnya ada 5 Periode yaitu periode pertama 1933 – 1961, periode kedua 1962 – 1975, periode ketiga 1976 – 1987, periode keempat 1988 – 1995 dan periode kelima 1996 – Sekarang. Langsung saja saya paparkan sejarah peride pertama 1933 - 1961.


CANON berawal dari laboratorium Precision Optical Instruments, yang didirikan di Roppongi, Minato-ku, Tokyo pada tahun 1933 untuk melakukan penelitian mengenai kualitas sebuah kamera. Pada tahun 1934 pertama kalinya Jepang memproduksi kamera focal-plane-shutter 35 mm bernama "KWANON" tetapi masih dalam bentuk prototype. Pada tahun 1935, perusahaan ini kemudian melakukan registrasi brand atau istilahnya mendaftarkan hak paten atas produknya dengan nama “CANON”. Pada tahun berikutnya yaitu tahun 1936 Canon memperkenalkan produknya yang diberi nama “HANSA”, sebuah kamera focal-plane-shutter 35 mm. Tahun 1937 Precision Optical Industry, Co., Ltd resmi didirikan.

Pada tahun 1934 pertama kalinya Jepang memproduksi kamera focal-plane-shutter 35mm bernama "KWANON".
Pada tahun 1934 pertama kalinya Jepang memproduksi kamera focal-plane-shutter 35mm bernama "KWANON"

Pada tahun 1938 rumah produksi Serenar Lens memulai produksinya.  Kemudian tahun 1940, Jepang mulai mengembangkan kamera indirect X-ray. Setelah beberapa tahun berdiri dan mengalami kemajuan, kemudian pada tahun 1942 Takeshi Mitarai ditunjuk sebagai Presiden dari Precision Optical Industry, Co., Ltd. Tahun 1945 tak lama setelah penunjukan Takeshi sebagai presiden, perusahaan  ini kemudian memulai produksi kamera Midrange J II focal-plane-shutter.

Kamera indirect X-ray Canon mulai dikembangkan pada tahun 1940
Kamera indirect X-ray Canon mulai dikembangkan pada tahun 1940

Setelah mengeluarkan beberapa produknya, sebagai layanan terhadap konsumen yang membeli produknya, tahun 1946 dibuka gerai service (service center) yang diberi nama “Ginza”. Pada tahun yang sama Canon S II diperkenalkan, produk tersebut menerima pujian besar dari pembeli, termasuk pembeli asing dari luar Jepang.

Pada tahun 1947 perusahan ini melakukan rebranding perusahaan dari yang sebelumnya bernama Precision Optical Industry, Co., Ltd diganti menjadi Canon Camera Co., Inc. Pemerintah setempat menunjuk Canon untuk memprioritaskan produknya untuk di export keluar negeri dan membuat resume kegiatan exportnya. Perusahaan ini semakin berkembang dan mengalami banyak kemajuan dan akhirnya pada tahun 1949 saham Canon tercatat di Bursa Efek Tokyo untuk pertama kalinya. Bukan hanya itu ternyata produk Canon II B juga memenangkan juara pertama dalam kontes pameran kamera nasional yang diadakan di San Fransisko.

Tahun 1951, Canon merencanakan untuk mengkonsentrasikan kantor pusat (head office) dan pabriknya di Shimomaruko, Ohta-ku, Tokyo. Di tahun 1952 Canon kembali mengeluarkan produk barunya yaitu Canon IVSb, kamera sinkronasi kecepatan cahaya pertama didunia flash-and-shutter 35 mm. Pada tahun 1954, Canon dan NHK Science dan Technical Research Laboratories bergabung dan bersama – sama mengembangkan kamera televise untuk mempersiapkan dimulainya siaran televisi.

Dengan semakin banyaknya permintaan dan prosuksi, akhirnya pada tahun 1955 Canon membuka cabang di New York. Tahun 1956 Chichibu Eikosha Co., Ltd (sekarang dikenal dengan nama Canon Electronics Inc.) menjadi pemasok komponen dan juga afiliasi bisnis Canon. Selain itu Canon juga memperkenalkan  produk terbarunya bernama Canon 8T, cinemacamera 8 mm. Untuk memasarkan produknya ke Eropa, kemudian didirkan Canon Europa di Jenewa tahun 1957 sebagai distributor tunggal. Ditahun yang sama, kamera Canon L1 dan cine-camera 8 mm menjadi produk pertama yang mendapat penghargaan desain produk oleh Kementrian Perdagangan dan Industri Internasional.

Tahun 1955 Canon membuka cabang di New York
Tahun 1955 Canon membuka cabang di New York

Pada tahun 1958, lensa zoom untuk penyiaran televisi diperkenalkan. Tahun selanjutnya yaitu 1959 melalui tie-up dengan Document Inc. dari AS (U.S), Canon mulai memasuki pasar micrographics dan juga pasar untuk kepala magnetik. Setelah mengalami beberapa frase akhirnya Canon kembali mengeluarkan produk barunya yaitu “Canon Flex”, kamera SLR pertama Canon. Setelah itu diperkenalkan Synchroreader. Pada tahun 1960 Canon mengembangkan kepala magnetic untuk digunakan dalam VTR. Pada tahun 1961, pabrik utama Canon di Toride (Tirode Plant) selesai dibangun. Selain selesainya pembangunan, “Electric-eye” boom dipicu oleh penganalan Canonet. Canon juga melengkapi system mikrifilm rotary pertama di Jepang, sebuah perkembangan yang cukup cepat.

Demikian sejarah singkat perusahaan Canon untuk periode pertama. Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas periode berikutnya (untuk periode kedua baca disini). Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel pada website ini, semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat saya harapkan demi kualitas artikel yang saya tulis pada website ini.


Load disqus comments

0 komentar