5/10/2017

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Raksasa Canon Inc Periode Ke-Empat Tahun 1988 - 1995

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai sejarah dan perkembangan perusahaan teknologi raksasa Canon dari periode pertama, periode kedua, periode ketiga. Sekarang saya akan menjelaskan periode selanjutnya yaitu periode ke-empat. Langsung saja kita mulai penjelasannya.

Sejarah dan perkembangan canon periode ke empat
Sejarah dan perkembangan perusahaan canon jepang. produk baru yang diluncurkan diantaranya lensa, slr, fotokopi, laserjet, inkjet., FAX 705, CLC 500, EOS 1, Notebook hasil kerjasama dengan IBM


Tahun 1988

Pada tahun pertama di periode ke-empat ini Canon mengumumkan peresmian kedua dengan peluncuran The First Global Corporation Plan, yang memperkenalkan filosofi perusahaan dari kyosei. Disisi lain, Canon Research Center Europe Ltd didirikan di U.K (inggris). Didirikan juga Canon Opto (Malaysia) Sdn. Bhd. Tidak berhenti sampai disitu, Canon Business Machines de Mexiceo, S.a. de C.V didirikan juga, berlanjut ke Nagahama Canon Inc (Jepang).

Di tahun ini Canon menjadi perusahaan Jepang pertama yang lolos kualifikasi untuk mendapatkan in-house certification system dengan menggunakan CSA mark (standar keselamatan listrik Kanada). Selain itu, PC series mesin fotokopi untuk penggunaan pribadi produksinya mencapai 2 juta unit. Ada beberapa produk baru yang diperkenalakan diantaranya : 
  • The Color Bubble Jet Copier A1.
  • Penjualan system optical disk dimulai.
  • Penjualan FAX 705, dengan teknologi GENESIS digital image-processing. RC-760, kamera video yang dilengkapi dengan CCD 600.000 pixel, terbesar di dunia diperkenalkan.
  • Q-PIC floppy disk camera diperkenalkan.


Tahun 1989

Untuk ketiga kalinya Presiden Canon mengalami pergantian, setelah sebelumnya yaitu Takeshi dan Takeo. Presiden Canon Inc. yang baru ini bernama “Keizo Yamaji”.


Presiden Canon Inc Keizo Yamaji
Presiden Canon Inc Keizo Yamaji

Ditahun 1989 ini Canon mangakuisisi saham NeXT Inc. dari AS, dalam pertukaran untuk hak penjualan ke wilayah Timur. Dari segi expansi, Canon Dalian Business Machines, Inc. didirikan di RRC. Dari segi produksi, NP mesin fotokopi mencapai 5 juta unit. Ada beberapa produk baru yang diperkenalkan diantaranya adalah CLC-500, mesin fotokopi laser berwarna. Ai Note IN-3000, sebuah PDA dengan kemampuan input tulisan tangan. EOS-1, kamera SLR top-of-the-line autofocus. A1 (A1Hi di daerah lain), perekam video 8 mm dengan spesifikasi tertinggi.

Mesin Fotocopy laser berwarna Canon CLC-500
Mesin Fotocopy laser berwarna Canon CLC-500

Tahun 1990

Tahun 90 ini Canon membentuk The Environment Assurance Promotion Committee. Diluncurkan juga toner cartridge dengan sistem daur ulang. Dari segi expansi didirikan Canon Information System Research Australia Pty., Ltd., Canon Information System R&D Europe Ltd. (sekarang, Canon Research Center Prancis S.A.S), Canon Zhuhai, Inc. di RRC, Canon Hi-Tech (Thailand) Ltd., dan Niigata Canotech Co., Inc. (sekarang Canon Imaging System Inc.).

Dari segi produk diperkenalkan beberapa produk baru yaitu NP9800, mesin fotokopi tercepat pertama di dunia untuk menggabungkan algoritma Fuzzy. BJ-10V, Notebook seukuran printer inkjet. Canofile 250, sebuah system pengarsipan elektronik menggunakan magneto-optical disk. FPA-2000i1, sebuah stepper i-line.

Notebook seukuran printer inkjet bernama BJ-10V
Notebook seukuran printer inkjet bernama BJ-10V

Tahun 1991

Canon memenangkan penghargaan pertama dalam Chairman’s Award dari National Geographic Society sebagai inspirator pengumpulan dan daur ulang toner cartridge. Perusahaan ini juga berhasil mengembangkan layar berbasis teknologi ferreoelectric liquid crystal display (FLCD) pertama di dunia. Canon juga memperkenalkan L1(EX1Hi di wilayah lain), perekam video 8 mm dengan lensa yang dapat diganti – ganti sesuai dengan standar VL-mount.

Tahun 1992

Canon Seiko Co., Ltd. dan Canon Chemical Co., Inc. bergabung untuk membentuk Canon Chemical Inc. Disisi lain, Canon Electronic Business Machines (H.K.) Co., Ltd mulai beroprasi. Dari sisi produksi, printer laser menjacapai 10 juta unit dan toner cartridge mencapai 100 juta unit.

Mengenai produk, perusahaan ini banyak mengembangkan dan memperkenalkan produk dan teknologi baru diantaranya yaitu : 
  • Canon membangun 1-chip LSI penggabungan secara komplit dengan JBIG (Join Bilevel Image Group) skema kompresi gambar digital.
  • Canon dan NHK Engineering Service Foudation bersama-sama mengembangkan kamera berkecepatan tinggi sesuai dengan format Hi-Vision.
  • CLC550, mesin fotokopi pertama di dunia dengan teknologi anti pemalsuan.
  • GP55, mesin fotokopi digital dengan penggabungan kualitas gambar yang superior dengan kompatibilitas computer.
  • Dimulainya penjualan mesin fotokopi NP6030 dengan desain ekologi.
  • BJC-820 printer inkjet full color pertama Canon.
  • EOS 5, kamera SLR AF pertama di dunia dengan eye-controlled.
  • T10G-RF, lensa perekam video dengan image stabilizer menggunakan Canon Vari-Angle Prism.


Tahun 1993

Presiden Canon Inc., Keizo Yamaji digantikan oleh “Hajime Mitarai”.


Presiden Canon Inc., Hajime Mitarai sebagai pengganti Keizo Yamaji
Presiden Canon Inc., Hajime Mitarai sebagai pengganti Keizo Yamaji

Global Corporaton Plan kedua dimulai. Dari sisi expansi, Canon Group Enviromental Charter didirikan dan tahun ini juga produksi mesin fotokopi mencapai 10 juta unit. Selain itu Canon dan IBM Jepang, Ltd. bergabung mengembangkan notebook atau personal computer pertama di dunia dengan built-in printer. Deperkenalkan produk baru Pixel Jet S, mesin fotokopi inkjet full-color serta EOS REBEL XS (EOD 500 di wilayah lain), ringan, compact SLR camera denga built-in flash.

Tahun 1994

Canon dan IBM Corp. dari U.S. form tie-ups untuk pengembangan dan produksi computer kecil menggunakan berbagai PowerPC chip. 5000 mask aligner diproduksi dan produksi printer inkjet mencapai 10 juta unit.
The Japan Institute of Invention and Innovation menghadiaho Canon dengan Imperial Award untuk inovasi system pencetakan Buble Jet. Diperkenalkan produk baru CLC800, mesin fotokopi laser warna automatic-duplexing pertama di dunia. Serta yang terakhir Movie Boy E1, perekam video dengan eye-controlled focus dan optical image stabilizer.

Tahun 1995

Dua tahun berselang, terjadi pergantian Presiden kembali, kali ini “Fujio Mitarai” yang ditunjuk.


Fujio Mitarai kembali ditunjuk sebagai Presiden Canon Inc
Fujio Mitarai kembali ditunjuk sebagai Presiden Canon Inc

Tak lama setelah pergantian ini, Canon membentuk CS (Customer Satisfaction) Promotion Committee. Canon, perusahaan pertama Jepang yang mendapat sertifikasi dibawah BS7750 standar untuk international environmental untuk Ami dan Ueno plants. Custom Integrated Technplogy, Inc., sebuah situs rekondisi untuk mesin fotokopi, didirikan di Virginia, AS. Dari sisi produksi, toner cartridge mencapai 10 juta unit.

Setelah absen selama 34 tahun, Canon kembali memasuki pasar teropong dengan model 12 x 36 IS, yang mengkompensasi getaran tangan dengan memasukkan Canon Vari Angle Prism. Canon juga meluncurkan EOS DCS 3, kamera digital SLR pertama. Setelah itu FLCD di komersilkan untuk pertama kalinya di dunia. EF75-300mm f/4-5.6 IS USM, lensa pertama di dunia dengan image stabilizer juga diperkenalkan. Yang terakhir adalah CLC1000, berkecepatan tinggi, mesin fotokopi full color dengan 4 drum photosensitive.

Mesin Fotocopy Canon CLC-1000 Full Color
Mesin Fotocopy Canon CLC-1000 Full Color


Selesai sudah sejarah dan perkembangan Canon Inc., untuk periode ke empat ini, untuk periode yang terakhir akan saya bahas pada periode selanjutnya. (Baca juga Periode Pertama disini, Kedua disini, Ketiga disini). Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi kalian semua, kritik dan saran sangat saya butuhkan demi kualitas konten website yang lebih maksimal. Terima kasih atas kunjungan kalian.
Load disqus comments

0 komentar