5/10/2017

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Canon Inc Periode Ketiga Tahun 1976 - 1987

Selamat berakhir pekan buat kalian semua yang sudah menjalani aktivitas dan rutinitas dari hari senin sampai jumat. Libur panjang dibulan April ini (walaupun Cuma 3 hari) setidaknya bisa membuat fresh kembali pikiran kita, membuang kejenuhan dan juga rasa stress karena pekerjaan atau sekolah. Pada kesempatan ini saya akan membahas kembali mengenai sejarah perusahaan teknologi raksasa bernama Canon. Siapa yang tidak mengenal nama perusahaan ini, produknya sudah tersebar di seluruh penjuru dunia baik itu berupa mesin fotocopy, kamera maupun produk lainnya. Setelah pada sebelumnya saya membahas periode pertama (tahun 1933 - 1960) dan periode kedua (tahun 1961 - 1975), sekarang saatnya saya membahas periode ketiga yaitu tahun 1976 – 1987.

Pada periode ketiga ini, Canon mengeluarkan beberapa produk barunya diantaranya adalah Kamera SLR AE-1, LPB-10 dengan laser semikonduktor, word processor CanoWord 55, Fotocopy FC-3 dan DSLR EOS 650
Pada periode ketiga ini, Canon mengeluarkan beberapa produk barunya diantaranya adalah Kamera SLR AE-1, LPB-10 dengan laser semikonduktor, word processor CanoWord 55, Fotocopy FC-3 dan DSLR EOS 650

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Canon Inc Periode Ketiga 



Tahun 1976

Diawali dengan diperkenalkannya Premier Company Plan pertama. Sebuah komite yang dibentuk untuk membahas pengembangan Canon, produk dan system penjualannya. Tahun ini dibuka juga kantor Kosugi sebagai pusat pusat untuk peralatan optic. Tidak lama setelah itu didirikan juga Canon (U.K.) Ltd (Inggris). Dari sisi produksi, Canon mulai memasuki pasar mesin Faksimili (Fax). Ada produk baru yang diperkenalkan juga, yaitu AE-1 Kamera SLR dengan built-in mikro-komputer. Ada satu produk lagi, CR-45nm, kamera retina nonmydriatic perta juga diperkenalkan.

Kamera SLR AE-1 dengan built-in mikro-komputer
Kamera SLR AE-1 dengan built-in mikro-komputer

Tahun 1977

Pada periode kedua Presiden Canon Inc., dijabat oleh Takeo Maeda, pada tahun 1977 ini digantikan oleh Ryuzaburo Kaku. Utsunomiya Plant of Tochigi Canon Inc., (sekarang Canon Incs.’s Utsunomiya Plant) resmi didirikan. Ada kabar gembira seiring pergantian Presiden ini, lensa seri K-35 untuk sinematografi memenangkan penghargaan dalam Academy Award dari AS Academy of Motion Pictures Arts and Science.

Presiden ketiga Canon Inc bernama Ryuzaburo Kaku setelah sebelumnya menggantikan Takeo Maeda
Presiden ketiga Canon Inc bernama Ryuzaburo Kaku setelah sebelumnya menggantikan Takeo Maeda

Tahun 1978

Struktur divisi bisnis produk diperkenalkan. Dari segi expansi, Canon Australia Pty. Ltd., didirikan. Selain itu Canon juga mulai menawarkan jasa fotokopi berwarna. Untuk urusan produk, diperkenalkan NP-8500, mesin fotokopi retention-type pertama di dunia. PLA-500FA, mask aligner pertama di dunia dengan system penyelarasan otomatis berbasis laser juga diperkenalkan pada tahun ini.

Tahun 1979

Copyer Co., Ltd., menjadi perusahaan afiliasi. Selain itu Canon Singapore Pte., Ltd., didirikan. Pada tahun ini juga, hasil penjualan ke luar negeri melebihi 100 miliar yen untuk pertama kalinya. Untuk urusan produk diperkenalkan LBP-10, dengan menggunakan laser semikonduktor. AF35M, kamera compact automatic AF serta sebuah drive mini floppy disk juga diperkenalkan.

Mesin Fotocopy Canon LBP-10 dengan laser semikonduktor
Mesin Fotocopy Canon LBP-10 dengan laser semikonduktor

Tahun 1980

Tidak ada expansi perusahaan tahun ini, hanya diperkenalkan produk baru Canon yaitu Canoword 55 word processor bahasa Jepang. Telefax B-601, G2 fax pertama Jepang dan Auto Ref R-1, sebuah refraktometer otomatis juga di release di pasaran.

Canoword 55 yaitu mesin word processor bahasa Jepang diperkenalkan Canon tahun 1980
Canoword 55 yaitu mesin word processor bahasa Jepang diperkenalkan Canon tahun 1980

Tahun 1981

Hiratsuka Plant dibuka sebagai pusat pembuatan komponen. Ami Plant dibuka sebagai pabrik suku cadang untuk pembuatan faksimili dan cetakan. Terakhir Ueno Plant dibuka sebagai mesin fotokopi dan printer laser pabrik manufaktur kimia.

Ada 3 produk baru yang diperkenalkan Canon yaitu NP-8500 SUPER, mesin fotokopi dengan kecepatan tinggi yang mampu menghasilkan 135 hasil copy-an per menit. New F-1, SLR untuk pengguna professional dan sebuah system video CVC .

Tahun 1982

Diluncurkan The Second Premier Company Plan. Didirikan pula Oita Canon Inc., di Jepang. Ada 4 produk baru yang di perkenalkan diantaranya adalah PC-10 dan PC-20, mesin peng-copy personal pertama di dunia dengan cartridge yang dapat diganti. HT-300 handy terminal, AS-100 16-bit personal computer. AP400 dan AP500 mesin ketik elektronik (untuk bahasa Negara barat). Produk terakhir yaitu Crib-O-Gram, sebuah tester audio visual untuk infants.

Tahun 1983

Canon Bretagne S.A.S. didirikan di Prancis. Utsunomiya Optical Products Plant dibuka sebagai pabrik untuk memproduksi mask aligner dan peralatan tambahan. Untuk urusan produk, diperkenalkan CanoWord Mini 5 personal-use word processor. Mycard, kartu kredit berukuran setara kalkulator serta kamera SLR T50 juga diperkenalkan dan menang grand prize sebagai desain terbaik di Jepang tahun 1983.

Tahun 1984

Kerjasama teknologi ditandatangani di PRC, produksi mesin fotokopi dimulai di Zhanjiang dan Tianjin. Di tahun ini didirikan Canon Component, Inc., di Jepang. Banyak produk baru diumumkan daintaranya PC Printer 70, pembaca/ printer plain-paper pertama untuk COM. Canon mengumumkan mesin faksimili sinar laser. Test praktis  untuk video camcorder masih dilakukan di Los Angles Olympic Games. Sistem mesin fotokopi laser digital NP-9030. LBP-8/ CX, printer laser terkecil dan teringan didunia diperkenalkan. FPA-1500FA stepper untuk 1MDRAM. PV14 x 12.5B HD, lensa zoom untuk televisi high-definition juga di umumkan.

Tahun 1985

Canon Virginia, Inc., didirikan di U.S.A. sebuah perjanjian tie-up yang berkaitan dengan teknologi computer dibahas dengan Hawlett-Packard Co. di U.S. Produk terbaru yang diluncurkan yaitu BJ-80, sebuah printer inkjet pertama di dunia yang menggunakan teknologi Bubble Jet. Canofile 5500, system pengarsipan elektronik. EZPS5300, system editing dan printing elektronik. Dan terakhir yaitu Canovision 8VM-E1, video camcorder 8mm.

Tahun 1986

Sebuah perjanjian tie-up yang meliputi teknologi antarmuka faks ISDN dibahas dengan Semens AG dari Jerman. Perjanjian lainnya yaitu mengenai peralatan medis canggih juga dibahas dengan Eastman Kodak co. dari AS. Ada banyak pula produk yang diperkenalkan di antaranya adalah sebagai berikut : 
  • FC-3 dan FC-5 mesin fotokopi portable untuk pengguna perorangan.
  • FAX L3100, sesuai dengan standar G4.
  • Conola BP1210-D, Bubble Jet kalkulator desktop.
  • T90, kamera elektronik SLR dengan performa tinggi.
  • RC-701, kamera video pertama di dunia dan system video diperkenalkan.
  • Mulai dijual Auto Keratometer RK-1, yang dapat mengukur refractivity dan bentuk kornea.
  • Canon’s Corner Cube Reflektor dipasang di satelit geodetic Ajisai.

Mesin Fotocopy portable FC-3 diperkenalkan untuk penggunaan perorangan
Mesin Fotocopy portable FC-3 diperkenalkan untuk penggunaan perorangan


Tahun 1987

Canon Foundation didirikan untuk memberikan bantuan kepada peneliti agar dapat bekerjasama atau komunikasi yang baik antara Jepang dan Eropa. Lisensi teknologi kamera Canon untuk untuk Goldstar Precision dari Korea, kemudian mulai memproduksi. Di penghujung periode ketiga ini, banyak produk baru yang diperkenlakan diantaranya sebagai berikut :
  • CLC-1, sebuah mesin fotokopi digital full warna.
  • Kamera SLR EOS autofocus diperkenalkan bersama dengan jarak dari lensa EF.
  • Board Copier A-1, sebuah papan tulis elektronik yang dapat mencetak pada kertas biasa.
  • Penjualan CanoWord word prosesor seri Jepang dimulai.
  • Canon meluncurkan lensa broadcasting denga 50x zoom, menjadikan rasio zooming tertinggi di dunia.
  • Penjualan CAPLAS, sebuah software aplikasi CAE untuk digunakan dalam injection molding dimulai.


Kamera SLR Canon EOS 650 dengan autofocus dipenghujung periode ketiga
Kamera SLR Canon EOS 650 dengan autofocus dipenghujung periode ketiga

Itulah akhir perkembangan Canon pada periode kedua ini, sudah banyak kemajuan serta banyak produk baru yang diperkenalkan perusahaan ini ke pasar dunia. Pergantian presiden pun terjadi pada periode ini. Dengan pergantian tersebut tentunya diharapkan memberikan kontribusi lebih terhadap Canon sehingga periode selanjutnya bisa semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.
Load disqus comments

0 komentar