5/10/2017

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Canon Periode Ke-Lima Tahun 1996 - 2016

Sudah 4 periode sejarah dan perkembangan perusahaan digital raksasa Canon saya bahas. Periode Pertama (baca disini), Periode Kedua (baca disini), Periode Ketiga (baca disini) dan Periode Keempat (baca disini). Pada artikel kali ini, saya akan membahas periode terakhir perusahaan ini, bisa dikatakan periode puncak kejayaan Canon.

Banyak perubahan yang terjadi pada periode kelima ini, mulai dari pergantian presiden Canon Inc., expansi bisnis dan juga beberapa produk yang dikeluarkan diantaranya adalah Compact Camera ELPH/IXUS, Powershoot S100, image RUNNER 3300, Digisuper 100, EOS 300D, Pixma IP8500, EOS 5D Mark II, Image RUNNER Advance Series, Dreamlabo 5000, Mreal, EOS 1D, Monitor DP-V3010 30 inchi 4K, RV 1100 3D machine vision system, Maxify printer, printer C10000VP
Banyak perubahan yang terjadi pada periode kelima ini, mulai dari pergantian presiden Canon Inc., expansi bisnis dan juga beberapa produk yang dikeluarkan diantaranya adalah Compact Camera ELPH/IXUS, Powershoot S100, image RUNNER 3300, Digisuper 100, EOS 300D, Pixma IP8500, EOS 5D Mark II, Image RUNNER Advance Series, Dreamlabo 5000, Mreal, EOS 1D, Monitor DP-V3010 30 inchi 4K, RV 1100 3D machine vision system, Maxify printer, printer C10000VP


Tahun 1996 (The Excellent Global Corporation Plan dimulai)

Tahun ini diawali dengan dibukanya Fuji-Susono Research Park di Sasono, Jepang. Kemudian didirikan Industrial Resource Technologies, Inc., sebuah situs toner cartridge daur ulang di Virginia, U.S.A. Selain itu terjadi perpindahan Canon Latin America, Inc., ke Miami, U.S.A. Canon Virginia memproduksi ulang 5000 mesin fotokopinya.

Dari sisi produk ada 2 yang diperkenalkan, yaitu  ELPH (di wilayah lain bernama IXUS), kamera compact 2x zoom dengan Advanced Photo System. Dan yang kedua adalah dimulainya pemasaran stepper FPA-3000EX3 yang menggunakan laser excimer.

Compact Camera Canon ELPH / IXUS
Compact Camera Canon ELPH / IXUS

Tahun 1997

Green Procumrement standards, mempromosikan pembelian komponen dan bahan ramah lingkungan. Pada tahun ini didirkan  Canon (China) Co., Ltd., dan sebuah bangunan baru dibuka di kantor Kosugi Canon Inc., sebagai dasar untuk solusi bisnis dan kegiatan teknologi informasi. Pencapain produksi kamera mencapai 100 juta unit. Canon kemudian memasuki pasar kamera perekam video digital dengan OPTURA (di wilayah lain bernama MV1).

Tahun 1998

Canon membentuk Management Reformation Committee dan memulai kegiatan reformasi produksi di seluruh group. Reproduksi mesin fotokopi juga dimulai di Jepang, serta memaintenance operasionalnya di Eropa, AS dan Jepang. Dari segi expansi, didirikan Canon Development Center di Delhi, India. Di tahun ini pula Canon Inc. mengakuisisi ekuitas di Tokyo Denshi Sekei Inc. (sekarang bernama Canon i-tech Inc.). Beijing PeCan Information System Co., Ltd. (sekarang Canon Information Technology Beijing Co., Ltd.), perusahaan patungan dengan Universitas Peking, didirikan untuk mengembangkan perangkat lunak. Yang terakhir didirikan Canon Middle East B.V. di U.A.E.

Dari sisi produk, DIGISUPER 25 xs lensa untuk broadcasting untuk televisi high definition (HDTV) diperkenalkan. Kamera SLR EOS-3 dengan 45-point area AF diperkenalkan untuk professional dan semiprofessional. Sebagai penutup di tahun 1998 ini pemasaran kamera digital CXDI-11 X-ray dengan sensor larger-area dimulai.

Tahun 1999

Diawali dengan dibukanya Ayase Office dengan tujuan memperkuat struktur R&D untuk perangkat semikonduktor. Selain itu Oita Canon Material Inc. didirikan. Dari segi produk, teknologi optikal diterapkan pada Subaru, salah satu teleskop astronomi terbesar di dunia. Diperkenalkan BJC-8200 printer inkjet full-color, berkolaborasi dengan teknologi head printing “MicroFine Droplet Technology”. Yang terakhir diperkenalkan GT270, sebuah kacamata compact.

Tahun 2000

Sudah puluhan tahun perusahaan ini berdiri, akhirnya Canon Inc. masuk dalam daftar American Depositary Receipts di New York Stock Exchange (NYSE).

American Depositary Receipts di New York Stock Exchange (NYSE)
American Depositary Receipts di New York Stock Exchange (NYSE)

Canon mengikuti Canon EXPO 2000 teknologi global dan pameran produk di New York, Paris dan Tokyo. Perusahaan ini juga menerima Miles Supreme Award dari Society of Japanes Value Engineering. Serta yang terakhir, Optics R&D Center dibuka di Utsunomiya, Jepang.

Untuk produk, Canon menerima Penghargaan bergengsi sebagai mesin fotokopi untuk masadepan dari IEA-DSM. PowerShoot S100 DIGITAL ELPH (DIGITAL IXUS di wilayah lain), kamera Compact diperkenalkan. IR series, generasi baru jaringan MFD diperkenalkan, menyediakan pemeriksaan dokumen dan fungsi distribusi. Dan yang terakhir DSLR EOS D30 dengan fitur sensor CMOS.

PowerShoot Canon S100 Digital Elph / Ixus
PowerShoot Canon S100 Digital ELPH / IXUS

Tahun 2001

Tahap II dari Excellent Global Corporation Plan dimulai.

Canon membentuk Management Strategy Committee. Ada beberapa anak perusahaan yang didirikan diantaranya adalah Canon Europe Ltd. di London untuk bekerjasama dengan Canon Europe N.V. di Belanda untuk memperkuat operasi regional. Canon Vietnam Co., Ltd. di Hanoi sebagai tempat produksi printer inkjet. Tiga perusahaan di Group Canon membangun tempat produksi mesin fotokopi di Suzhou, RRC. Dan Canon Zhongshan Business Machines Co., Ltd. produksi Group ketiga dari printer laser di PRC.

Dari sisi produk, Canon mengembangkan teknologi Multi-Layer diffractive Optical Element. Canon juga memperkenalkan produk pertama "kamera direct", yang memungkinkan gambar digital yang akan dicetak menggunakan printer inkjet langsung dari kamera. Dan imageRUNNER 3300 (iR3300 di wilayah lain), menampilkan teknologi ramah lingkungan.

Mesin Fotocopy Canon imageRUNNER 3300 atau iR3300
Mesin Fotocopy Canon imageRUNNER 3300 atau iR3300

Tahun 2002

Fujio Mitarai, presiden dan CEO Canon Inc., adalah salah satu eksekutif pertama yang menerima Business Reformer Commendation dari pemerintah Jepang. Gedung kantor pusat baru dari Canon dibuka di Shimomaruko, Tokyo. Serta Ueno Canon Material, Inc. didirikan.

Dari segi produk ada 3 yang diperkenalkan, diantaranya adalah kamera DSLR EOS-1D pro-model, menampilkan 11,1 MP full frame 35 mm CMOS sensor. LBP-2810/2710 printer laser warna, penggabungan pengembangan Four-Color Vertical In-Line Engine terbaru. Color imageRUNNER C3200 (iR C300 untuk wilayah lain), MFD jaringan warna dengan pengembangan Color iR Controller terbaru.

Tahun 2003

Canon Aptex Inc. dan Copyer Co., Ltd. bergabung untuk membentuk Canon Finetech Inc. Didirikan Fukushima Canon Inc. sebagai dasar untuk produksi massal untuk printer inkjet untuk bisnis. Canon (China) Co., Ltd. menetapkan 15 kantor cabang. Canon Technical Information Services Inc. Serta implementasi pergeseran ke produk ramah lingkungan dimulai.

Ada beberapa produk yang diperkenalkan yaitu : 
  1. DIGISUPER 100 xs lensa broadcasting, menampilkan berbagai lensa zoom terbesar di dunia.
  2. I70 (Bubble Jet i70 di wilayah lain), printer ultra compact inkjet notebook.
  3. W8200, printer dengan format besar menggunakan tinta pigmen.
  4. Canon memulai pengiriman 80-nanometer resolution ArF scanning stepper FPA-6000AS4.
  5. EOS DIGITAL REBEL (EOS 300D DIGITAL di wilayah lain), DSLR AF dengan resolusi tinggi.
  6. PowerShoot S400 DIGITAL ELPH (DIGITAL IXUS 400 di wilayah lain), yang menggabungkan prosesor DGIC imaging.
  7. Color imageRUNNER C6800 (iR C6800 di wilayah lain), sebuah jaringan MFD warna baru yang mengimplementasikan RoHS Directive.

Canon Digisuper 100 XS lens broadcasting
Canon Digisuper 100 XS lens broadcasting
DSLR Canon EOS Digital Rebel (EOS 300D)
DSLR Canon EOS Digital Rebel (EOS 300D)


Tahun 2004

Canon merubah stok trading dari 1.000 saham menjadi 100 saham, menahannya untuk investor individual. Yako Development Center selesai untuk berkonsentrasi di R&D bagian dari printer inkjet. Kemudian Canon Precision Inc. menyatu dengan Hirosaki Seiki, Inc. Canon kemudian menciptakan Canon Ecology Industry Inc. dan Canon Semiconduktor Equipment Inc. dari Canon N.T.C., Inc. di Moskow, Rusia didirikan Canon Ru LLC. Igari Mold Co., Ltd. menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki melalui pertukaran saham. Serta pengiriman Inkjet printer mencapai 100 juta unit.

Dari segi produk, ada beberapa produk yang diperkenalkan yaitu :
  1. OPTURA500 (MVX35i di wilayah lain) perekam digital, yang menghubungkan imaging processor DIGIC DV yang memberikan kualitas gambar yang tinggi untuk foto dan video.
  2. PIXMA IP8500 printer inkjet memiliki semua design yang baru dan sistem ChromaLife100.
  3. REALiS SX50 (XEED SX50 di wilayah lain), proyektor multimedia yang menggabungkan system optical AISYS.

Printer Inkjet Canon PIXMA IP8500 dengan sistem ChromaLite100
Printer Inkjet Canon PIXMA IP8500 dengan sistem ChromaLite100

Tahun 2005

Canon EXPO 2005, sebuah karya untuk produk baru Canon dan teknologi masa depan, di New York, Paris dan Tokyo. Compliance Card di distribusikan ke 110.000 karyawan group Canon. Selain itu pembangunan gedung teknologi terdepan di markas Canon di Shimomaruko selesai. Canon melakukan perjanjian kerjasama penelitian dengan Tokyo Institute of Technology. Canon dan Microsoft Corporation AS disetujui untuk berkolaborasi dibidang teknologi pengolahan citra. Sebagai perusahaan besar, akhirnya Canon Group memperoleh sertifikasi ISO 14001 gabungan. ANELVA Corporation dan NEC Machinery Corporation menjadi anak perusahaan.

Dari segi produk, Canon menerima penghargaan yang kedua dari Imperial Award sebagi penemu dari sensor layar besar untuk sistem real time X-ray imaging. Serta diperkenalkan XL H1 perekam video HD (high devinition).

Tahun 2006

Tahap III dari Excellent Global Corporation Plan.

Canon Inc., memperkenalkan struktur perusahaan yang baru, menunjuk CEO Fujio Mitarai sebagai ketua dan Tsuneji Uchida sebagi Presiden dan COO. Ketua Fujio Mitarai ditunjuk ketua kedua Federasi Bisnis Jepang. Canon Sales Co, Inc berubah nama menjadi Canon Marketing Jepang Inc.

Fujio Mitarai (CEO Canon)
Fujio Mitarai (CEO Canon Inc.)
Tsuneji Uchida (COO Canon Inc.)
Tsuneji Uchida (COO Canon Inc.)

Kemudian Canon Inc efek 3-for-2 pemecahan saham biasa. Canon membuka Canon Manajemen Global Institute, basis pelatihan untuk budidaya pemimpin global. Canon memulai kerjasama penelitian dan pengembangan dengan Universitas Kyoto pada proyek High-Order Biological Imaging Leading Edge Teknologi Hub. Canon dan Universitas Utsunomiya setuju untuk mendirikan pusat pendidikan dan penelitian untuk optik. Canon ANELVA memenangkan Jepang Vacuum Industry Association Chairman’s Award untuk sensor head HDD. Canon Optron, Inc. mengirimkan salah satu lensa fluorite terbesar di dunia untuk digunakan di astrophysical observatory AS.

Ada beberapa produk yang diperkenalkan, yaitu :
  1. imagePROGRAF iPF9000, yang menggabungkan system LUCIA tinta dua belas-warna baru dikembangkan dan mendukung cetakan 60-inch format besar.
  2. PowerShot SD800 IS DIGITAL ELPH (DIGITAL IXUS 850 IS di wilayah lain), menggabungkan DIGIC III dan Face Detection Technology.
  3. HV10 HDV camcorder, yang menggabungkan sensor CMOS baru dikembangkan untuk video dan mendukung format Hi-Vision digital.
  4. PIXMA MP600, dilengkapi dengan Easy-Scroll Wheel untuk operasi intuitif dari beberapa fungsi.
  5. SELPHY ES1 printer compact foto.
  6. ImagePRESS C1, sistem produksi warna digital untuk pencetakan komersial

Tahun 2007

Di awal tahun 2007 ini Canon mendukung Japan-China Exchange Year of Culture and Sports. Tokki Corporation (sekarang bernama Canon Tokki Corporaton), mengembangkan, mendesain, memanufaktur dan menjual peralatan maufaktur OLED panel, menjadi anak perusahaan konsolidasi Canon.  Dari segi expansi, Canon Mold Co., Ltd didirikan, mengintegrasikan pengoprasian cetakan Canon dan Kawasaki Office dibuka. Kemudian perusahaan ini melakukan pembelian sahamnya sendiri untuk pertama kalinya. Pada tahun 2007 ini dikembangkan prototype sensor CMOS 50 MP. Canon kemudian meluncurkan Cultural Heritage Inheritance Project (dikenal juga dengan The Tsuzuri Project) dengan Kyoto Culture Association. Setelah itu dibuka Takeshi Mitarai Memorial Hall di Shimomaruko Headquartes.

Mari kita lihat produk baru yang diperkenalkan, yaitu :
  1. Canon membuat entri skala penuh ke pasar komersial printer digital dengan memperkenalkan imagePRESS C7000VP.
  2. Printer ini memenangkan Masuda Award ke 50 Nikkan Kogyo Shimbun Best 10 New Products Awards.MPAsp-H700 LCD peralatan litografi dengan platform baru generasi ke 8.
  3. EOS-1Ds Mark III kamera DSLR dengan 35mm full-frame, 21.1-megapixel sensor CMOS dan 5 fps maksimum shooting.
  4. PIXMA Pro9500, printer inkjet foto untuk profesional menggunakan 10 tinta pigmen.
  5. imagePROGRAF iPF6100, yang printer format besar pertama di dunia dengan fungsi penyesuaian cahaya ambient.
  6. HG10 HD camcorder dengan built-in hard disk.

Tahun 2008

Diawali dengan didirikannya Hita Canon Material Inc. lalu Nagasaki Canon Inc. dan The Canon Institute for Global Studies and the Canon Foundation. Seorang peneliti dari Canon ANELVA menerima penghargaan Prime Minister’s Award ke-6 untuk kontribusi di Industry Academia Government Collaboration. Produksi kamera SLR mencapai 50 juta unit. Produksi kamera compact digital mencapai 100 juta unit.

Produk yang diperkenalkan yaitu :
  1. Realis SX80 (XEED SX80 di wilayah lain), proyektor multimedia dilengkapi dengan proprietary panel kristal reflektif LCOS Canon.
  2. EOS 5D Mark II, kamera pertama yang menggabungkan video full HD.
  3. PowerShot SX1 IS, kamera digital kompak Canon pertama yang dilengkapi dengan sensor CMOS eksklusif.

DSLR Canon EOS 5D Mark II full HD
DSLR Canon EOS 5D Mark II full HD


Tahun 2009

Semua fungsi markas Canon Eropa dikonsolidasi di London. Canon dan HP melakukan perjanjian aliansi untuk membuat solusi baru. Canon Athlete Club Kyushu didirikan. Kemudian Poppins Nursery Tamagawa, pusat care center diresmikan oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo, dibuka dengan alasan Canon Shimomaruko Headquarters. Afiliasi Canon Wind Inc. secara resmi diakui untuk memenuhi standar hukum dalam mempromosikan pekerja penyandang cacat. Lalu Canon Virginia membuka pabrik baru untuk produksi tone Cartridge. Dari sisi Produksi lensa EF mencapai 50 juta unit dan CXDI sistem radiografi digital mencapai 10.000 unit.

Ada 7 produk baru yang diperkenalkan tahun 2007, yaitu :
  1. ImageRUNNER ADVANCE series generasi MFP jaringan kantor dengan integrasi lingkungan TI ditingkatkan diperkenalkan.
  2. VIXIA HF20 (LEGRIA HF20 di wilayah lain) high-definition camcorder digital dengan DIGIC DV III.
  3. Kamera DSLR EOS 7D mencapai 8 fps continuous shooting dan ISO 12800.
  4. PIXMA MP640 (MP648 di wilayah lain) inkjet MFP dengan pencetak  A4  dengan perkiraan 8.1 ipm.
  5. PowerShot S90 kamera compact digital dengan diameter besar f 2.0 dan 28 mm lensa wide-angle.
  6. Lensa EF 100 mm f/2.8L Macro IS USM dengan Hybrid IS baru yang mengkompensasi kedua sudut dan getaran pada kiri kamera.
  7. CX-1 kamera retina hybrid yang menggabungkan kedua mode mydriatic dan non-mydriatic.

Mesin Fotocopy Canon ImageRUNNER Advance Series generasi MFP untuk perkantoran
Mesin Fotocopy Canon ImageRUNNER Advance Series generasi MFP untuk perkantoran


Tahun 2010

Untuk mempersembahkan visi dan arah masa depan dari Grup Canon, Canon memegang Canon EXPO 2010, sebuah karya untuk produk baru dan teknologi masa depan, di New York, Paris dan Tokyo. Oce N.V. Belanda menjadi anak perusahaan Canon. Selain itu Canon menyediakan dukungan untuk Jepang Pavilion di Shanghai World Expo 2010. Canon mengembangkan sensor APS-H-size CMOS pertama di dunia dengan resolusi tinggi 120 MP. Canon juga mengembangkan sensor CMOS ultrasensitive 202 x 205 mm di dunia. Canon dan Fujitsu setuju untuk berkolaborasi pada layanan yang dikelola.

Ada 5 produk baru yang diperkenalkan yaitu :
  1. PowerShot SD4500 IS DIGITAL ELPH (IXUS 1000 HS), kamera digital compact tertipis di dunia dengan 10x optical zoom dan video Full HD.
  2. XF305, video perekam profesional dengan system sensor 3 CMOS, 18x optical zoom, dan file berbasis codec perekaman.
  3. Seri PIXMA MG8100 / MG6100, MFP inkjet menampilkan desain bodi direvisi dan sistem tombol navigasi cahaya dipandu Sistem Sentuh Cerdas.
  4. Bodi Compact imageRUNNER ADVANCE C2000 series diperkenalkan.
  5. XDI-70C Wireless, non-tethered digital X-raydetector.

Tahun 2011

Canon Tahap IV dari Excellent Global Corporation Plan.

Tahun 2011 ini Canon mengadakan Canon EXPO 2011 di Shanghai. Canon dan MEDIAN Technologies, vendor solusi IT yang berbasis di Perancis, masuk ke dalam perjanjian dalam domain medis. Canon menyumbangkan sistem radiografi digital portabel untuk mendukung korban gempa besar Jepang Timur. Dan akhirnya Pembangunan Kyoto University Advanced Medical Device Development and Clinical Research Center selesai. Dari segi expansi Canon Prachinburi (Thailand) Ltd. dan Canon Business Machines (Filipina), Inc. didirikan.

Canon memasuki industri produksi film dengan peluncuran Cinema EOS System kamera dan lensa. 

Canon Cinema EOS System
Canon Cinema EOS System

PowerShot SX230 HS, sebuah kamera compact digital 14x optical zoom dengan GPS, diperkenalkan. Canon juga meluncurkan layanan dokumen berbasis cloud melalui platform layanan cloud Canon Business Imaging Online. Sebuah sistem pencetakan produksi digital memanfaatkan kontroler printer OCE dikembangkan, menandai Canon-OCE produk pertama yang dikembangkan bersama. Canon memasuki pasar printer foto komersial dengan pengenalan DreamLabo 5000.

Printer Foto Profesional Canon DreamLabo 5000
Printer Foto Profesional Canon DreamLabo 5000

Tahun 2012

Fujio Mitarai ditunjuk sebagai presiden, selain ketua dan CEO, Canon Inc. Canon Industria de Manaus Ltd. didirikan di Brazil. 

Fujio Mitarai ditunjuk sebagai presiden sekaligus ketua dan CEO Canon Inc.
Fujio Mitarai ditunjuk sebagai presiden sekaligus ketua dan CEO Canon Inc.

Dari sisi expansi didirikan Canon Maketing Vietnam Co, Ltd. Kontribusi teknologi Canon untuk memperluas pandangan di Subaru Telescope National Astronomical Observatory of Japan di Hawaii. Canon menerima penghargaan dari Technology & Engineering Emmy Award untuk peningkatan format pencitraan CMOS untuk digunakan oleh kamera broadcasting HD pada Annual Technology & Engineering Emmy Awards ke 64. Canon masuk ke dalam perjanjian kerjasama penelitian dengan Massachusetts General Hospital dan Brigham dan Women’s Hospital. Canon menguasai pangsa global untuk lensa kamera digital selama 10 tahun berturut-turut.

Produk yang diperkenalkan tahun ini diantaranya yaitu :

  1. MREAL, sistem baru MR yang memberikan kontribusi untuk mengurangi waktu pengembangan selama desain produk.
  2. The top-of-the-line kamera DSLR EOS-1D X, menawarkan kualitas gambar tingkat tertinggi dan kinerja yang cepat.
  3. PIXMA PRO-1 printer inkjet profesional, yang menampilkan LUCIA, sistem tinta 12-warna baru.
  4. EOS M, system compact kamera yang menawarkan kualitas gambar kamera DSLR dengan bodi yang ringan.
  5. Canon mengakuisisi CFP (Carbon Footprint of Product) sertifikasi untuk sembilan model printer multifungsi, yang pertama di kategori produk.
  6. Canon memasuki pasar peralatan ophthalmic OCT dengan pengenalan OCT-HS100, Canon-branded koherensi optik perangkat tomografi pertama.
MREAL, sistem baru MR yang memberikan konstribusi untuk mengurangi waktu pengembangan selama design produk
MREAL, sistem baru MR yang memberikan konstribusi untuk mengurangi waktu pengembangan selama design produk
Kamera DLSR Canon EOS 1D X
Kamera DLSR Canon EOS 1D X


Tahun 2013

Ketua Fujio Mitarai menerima Grand Cordon of the Ordet of the Rising Sun dari Kaisar Jepang. Canon Americas melengkapi markas baru di Melville, N.Y. Canon Solution America, Inc didirikan. Canon Vietnam Co., Ltd mencapai produksi 100 juta printer inkjet. Serta Canon (Suzhou) Inc mencapai produksi 100 juta untuk imageRUNNER ADVANCE series jaringan kantor MFP. Selain itu Canon mengembangkan sensor CMOS 35mm full size dengan sensitivitas tinggi dan mengurangi kebisingan, yang memungkinkan pengambilan gambar video dalam pencahayaan yang rendah.

Delapan model dari seri imageRUNNER ADVANCE menerima peringkat EPEAT Gold di New Digital Imaging Equipment Category. Canon Virginia Inc menjadi produsen pertama yang memperoleh sertifikat Responsible Recycling Practices for Electronics Recyclers (R2) di AS. Sistem kamera EOS model 4K sensitivitas Ultra tinggi berhasil menangkap video tembakan komet Ison dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pertama di dunia.

Dari sisi produk Canon memasuki pasar produksi display video 4K dengan peluncuran DP-V3010 30 inchi 4K display untuk penggunaa profesional. 


Display video 4K 30 inchi diberi nama Canon DP-V3010
Display video 4K 30 inchi diberi nama Canon DP-V3010

Canon meluncurkan DSLR EOS 70D, menampilkan teknologi inovatif dual Pixel AF CMOS untuk memenuhi kebutuhan pengguna untuk memperluas cakrawala fotografi mereka. Canon meluncurkan PowerShot N kamera compact digital, yang membuka dimensi baru fotografi dengan menghasilkan enam gambar unik dengan berbagai shot.  Dan terakhir Canon meluncurkan VIXIA Mini (LEGRIA mini) video digital camcorder, yang menawarkan gaya pemotretan baru dan cara baru untuk menikmati film.

Tahun 2014

Fujio Mitarai ditunjuk Honorary President of the Tokyo 2020 Organising Committee of the Olympic and Paralympic Games. Canon membuat basis Molekuler Imprints U.S., Inc. anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki di bawah nama perusahaan baru Canon Nanotechnologies, Inc., untuk terlibat dalam pengembangan generasi baru peralatan litografi semikonduktor. Kemudian Canon Eropa mengakuisisi Milestone System. Di tahun ini, Canon menandatangani kemitraan global dengan Volkswagen untuk mengelola servis printer. Dari segi produksi kamera digital mencapai 250 juta unit dan lensa EF mencapai 100 juta unit. Kontribusi Canon untuk produksi cermin utama yang digunakan dalam TMT (Thirty meter Telescope) teleskop yang sangat besar di National Astronomical Observatory of Japan, Hawaii Observatory.

Dari sisi produk yaitu :

  1. Canon memasuki pasar industry kamera dengan peluncuran kamera M15P-CL untuk perangkat inspeksi, dilengkapi dengan noise yang rendah, sensor CMOS dengan jumlah pixel yang banyak.
  2. Canon memasuki pasar mesin vision dengan peluncuran RV1100 3-D Machine Vision System, yang memungkinkan kecepatan tinggi, presisi tinggi 3-D.
  3. Canon meluncurkan seri MAXIFY printer inkjet untuk bisnis.
  4. Canon meluncurkan EOS 7D Mark II dengan kecepatan tinggi dalam pengambilan gambar  secara continuous dan sistem AF baru.
  5. Canon meluncurkan imagePRESS C800 / C700 printer warna multifungsi.
Mesin vision Canon RV1100 3D
Mesin vision Canon RV1100 3D
MAXIFY Printer inkjet untuk bisnis
MAXIFY Printer inkjet untuk bisnis


Tahun 2015

Canon EXPO 2015, sebuah karya untuk produk baru Canon dan teknologi masa depan, yang diselenggarakan di New York, Paris dan Tokyo. Canon membuat basis di Swedia Axis AB anak perusahaan konsolidasi untuk memperkuat bisnis jaringan kamera. Untuk expansi Canon BioMedis, Inc. didirikan oleh Canon U.S.A. Dan Program Daur Ulang Cartridge Toner Canon mencapai tahun ke-25.

Dari sisi produk, Canon meluncurkan EOS 5DS/EOS 5DS R DSLR resolusi tinggi dengan 50,6 MP sensor CMOS. Canon menawarkan pengalaman pencitraan baru untuk foto dan film dengan peluncuran Connect Station CS100. Lensa zoom Ultra wide-angle EF 11-24 mm panjang fokus f/4L USM dengan 11 mm diluncurkan. Canon meluncurkan ME20F-SH kamera serbaguna dengan sensitivitas tinggi yang memungkinkan pengambilan gambar film penuh warna dalam kondisi cahaya ekstrim. Produksi imagePRESS C10000VP printer dengan kecepatan cetak 100 halaman per menit diluncurkan.


Printer Canon imagePRESS C10000VP dengan kecepatan cetak 100 halaman per menit
Printer Canon imagePRESS C10000VP dengan kecepatan cetak 100 halaman per menit

Tahun 2016

Tidak terasa sudah memasuki tahun ini, tahun yang dimana sedang kita jalani. Canon memasuki Tahap V dari Excellent Global Corporation Plan.

Canon Inc. memperkenalkan struktur perusahaan yang baru, menunjuk CEO Fujio Mitarai sebagai ketua dan Masaya Maeda sebagai Presiden dan COO.


Masaya Maeda sebagai Presiden dan COO Canon Inc pada tahun 2016
Masaya Maeda sebagai Presiden dan COO Canon Inc pada tahun 2016

Dari sisi produk kamera DSLR Canon dengan model unggulan EOS-1D X Mark II diluncurkan.


Kamera DSLR EOS 1D X Mark II diluncurkan pada tahun 2016
Kamera DSLR EOS 1D X Mark II diluncurkan pada tahun 2016

Akhirnya sejarah panjang Canon mencapai periode ke 5, banyak perubahan dan regenerasi kepemimpinan perusahaan. Semoga kalian yang membaca artikel di website ini dari periode pertama sampai yang ke 5 ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan. Ambil filosofinya, bahwa untuk menjadi sesuatu yang besar dan sukses butuh pengorbanan dan proses yang panjang. Terima kasih atas kunjungan kalian.
Load disqus comments

0 komentar