5/14/2017

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Teknologi Raksasa Canon Inc Periode Kedua Tahun 1962 - 1975

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas sejarah berdirinya perusahaan CANON dan juga perkembangannya periode pertama tahun 1933 - 1961. Pada artikel saya kali ini, saya akan mengulas kembali sejarah perusahaan ini tapi untuk periode selanjutnya, yaitu periode ke dua, tahun 1962 – 1975. Bagi yang belum pernah membaca periode pertama silahkan (baca disini). Sedikit mengingatkan, sejarah berdirinya CANON terbagi menjadi 5 periode. Tidak perlu panjang lebar lagi, langsung saja saya bahas periode ke dua ini. 


Tahun 1962

Pada tahun ini Canon membuat rencana 5 tahun pertama dalam rangka persiapan penuh untuk memasuki pasar bisnis mesin. Setelah pada periode pertama didirikan distributor tunggal di AS, kini giliran bagian amerika lainya. Distributor tunggal ini didirikan di Panama, Amerika Latin.

Tahun 1963

Terobosan baru mengenai strategi pemasaran Canon dibuat. Canon SA Geneva akhirnya resmi didirikan. Dengan menghapus sistem distributor tunggal, Canon bergerak ke sistem penjualan yang baru, dengan outlet di bawah kontrol langsung dari kantor pusat di Tokyo, Jepang. Di sisi produk, Canon mulai bekerja dengan mengembangkan fiber optik. Di tahun ini pula kamera X-Ray Mirror diperkenalkan ke pasar.

Tahun 1964

Pabrik di Tamagawa (sekarang Tamagawa Office) dibuka dan mulai memproduksi movie camera dan lensa 8 mm. Disisi lain, diperkenalkan juga produk baru bernama Canola 130, kalkulator elektronik 10 tombol pertama di dunia.

Conola 130 merupakan kalkulator elektronik pertama di dunia yang dibuat oleh Canon dengan 10 tombol saja
Conola 130 merupakan kalkulator elektronik pertama di dunia yang dibuat oleh Canon dengan 10 tombol saja 


Tahun 1965

Seiring waktu perusahaan ini mengalami perkembangan yang pesat, ini terbukti dengan didirikannya Canon U.S.A Inc. Bukan hanya dari segi expansi, Canon juga merambah ke teknologi lainnya yaitu bidang mesin fotocopy dengan memperkenalkan Canofax 1000.

Tahun 1967

Pada tahun ini salah satu tahun penting dalam perusahaan canon, karena tepat di tahun ini Canon berulang tahun yang ke 30. Di hari jadinya ini, Canon membuat dan mengumumkan slogan “Kamera di Tangan Kanan, Bisnis Mesin di Tangan Kiri”. Kemajuan perusahaan ini dapat dilihat dari hasil export terhadap penjualan bersih (net sales) yang melebihi 50%. Di tahun yang sama, Canon mendirikan Canon America Latin, Inc setelah sebelumnya mendirikan distributor tunggalnya.

Tahun 1968

Nampaknya Canon semakin serius untuk menekuni bisnis mesin, ini terlihat dari didirikannya Canon Business Machines Sales, Inc., di Jepang. Berlanjut dididiikan pula Canon Amsterdam N.V. (sekarang Canon Europa N.V.). Di bidang produk, canon memperkenalkan NP System, teknologi elektro-fotografi original dan juga mulai memasuki pasar plain-paper copier (PPC). Canon Electronics juga berhasil dalam memproduksi masal empat-track, empat-channel rekaman stereo.

Tahun 1969

Setelah sekian lama perusahaan ini menggunakan nama Canon Camera Co., Inc., dan mengalami perkembangan yang bagus, perusahaan ini resmi mengganti namanya dengan Canon Inc. Canon juga mendiikan Canon Camera Sales Co., untuk menunjang pasar Jepang. Canon Research Center juga didirikan di Meguro, Tokyo. Masih ada lagi, Canon juga mendirikan Fukushima canon Inc., sebagai pabrik khusus kamera.

Tahun 1970

Didirikan kembali Canon Inc., Taiwan, fasilitas manufaktur pertama dari Canon di luar Jepang. Dari sisi produk, Canon mulai memasuki pasar kalkulator pribadi. Di sisi produk, Canon meluncurkan PPC pertama Jepang, yaitu NP-1100. Selain itu juga diluncurkan PPC-1, mask aligner pertama Jepang.

PPC pertama Jepang yang diproduksi oleh Canon yang bernama NP-1100
PPC pertama Jepang yang diproduksi oleh Canon yang bernama NP-1100
PPC-1, mask aligner pertama Jepang yang diproduksi oleh Canon pada tahun 1970
PPC-1, mask aligner pertama Jepang yang diproduksi oleh Canon pada tahun 1970


Tahun 1971

Canon Business Machines Sales, Inc., dan Canon Camera Sales Co., Ltd., bergabung dan membentuk nama baru yaitu Canon Sales Co., Inc. Di tahun ini juga diperkenalkan produk terbarunya “Canon F-1”, sebuah kamera SLR top-end dan  lensa FD. Produk lainnya yaitu BP-1000, sebuah mesin billing, serta tahun ini Canon memasuki bidang komputer untuk perkantoran.

Tahun 1972

Canon Giessen GmbH, situs manufaktur Eropa pertama Canon didirikan di Jerman. Perusahaan ini kembali meluncurkan mesin PPC, produk yang diluncurkan bernama NP-70, PPC pertama di dunia yang menggunakan sistem cairan kering.

Tahun 1973

Canon Deutschland GmbH didirikan. Dari segi produk, diperkenalkan PPC full-color pertama Jepang. Selain itu juga ada kabar gembira, sebuah lensa zoom makro untuk sinematografi menang Academy Award dalam kategori ilmu dan teknologi dari U.S. Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Sebuah penghargaan yang sangat membanggakan bagi Canon.

Tahun 1974

Pada tahun ini terjadi pergantian presiden Canon Inc., yang sebelumnya di jabat oleh Takeshi sekarang digantikan oleh Takeo Maeda. Masih ditahun yang sama, Canon Business Machines, Inc., didirikan di California, A.S. Ada satu lagi yaitu Optracon (sekarang Canon Optron, Inc.) juga didirikan.

Takeo Maeda, Presiden Canon Inc tahun 1974 setelah sebelumnya dijabat oleh Takeshi
Takeo Maeda, Presiden Canon Inc tahun 1974 setelah sebelumnya dijabat oleh Takeshi

Ada 3 produk baru yang diperkenalkan, pertama adalah Canonac 100 dan 500 komputer untuk perkantoran. Kedua, Communicator, portable “tape-writer” untuk penyandang tuna wicara. Dan yang ketiga Canon juga mulai menjual Optacon, alat pembaca elektronik untuk orang buta.

Tahun 1975

Di penghujung periode kedua ini, Canon France S.A.S didirikan. Selain itu, perusahaan ini sukses membangun sebuah printer laser.

Demikianlah sejarah dan perkembangan perusahaan Canon untuk periode kedua yang bersumber dari website Canon, apabila kalian belum pernah membaca periode pertama silahkan baca di sini. Masih tersisa 3 periode lagi yang akan saya bahas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat dan saya mengharapkan kritik serta saran agar artikel berikutnya bisa lebih berkualitas. Terima kasih.

Load disqus comments

0 komentar