6/23/2017

Mengulas Kualitas Kamera Smartphone OPPO F1S Selfie Expert

Pasti kalian semua sudah tidak asing dengan merk smartphone yang satu ini yaitu “OPPO”. Belakangan ini maketing OPPO gencar untuk mempromosikan produknya, contohnya saja di jalan-jalan protokol Jakarta dan Tangerang, banyak kita jumpai stand atau counternya. Produsen ponsel ini sudah berkiprah dalam dunia ponsel cukup lama, OPPO launching di China untuk pertama kalinya pada tahun 2004. Sebenarnya ada beberapa produk lain sebelum smartphone yang dikeluarkan produsen ini seperti MP3 player, MP4 player dan beberapa ponsel, namun yang booming di Indonesia sekarang ini adalah produk smartphone-nya.

OPPO F1s Selfie Expert dengan kamera depan yang memiliki resolusi 16 Megapixel dengan Aperture f/2.0 dan sensor 1/3.1 inci yang dibekali dengan fitur beauty 4.0. Untuk kamera belakangnya sendiri resolusinya 13 Megapixel dengan Aperture f/2.2 dan sensor 1/3.06 inci. Camera Phone ini sangat cocok bagi kalian yang memang gemar berfoto selfie
OPPO F1s Selfie Expert dengan kamera depan yang memiliki resolusi 16 Megapixel dengan Aperture f/2.0 dan sensor 1/3.1 inci yang dibekali dengan fitur beauty 4.0. Untuk kamera belakangnya sendiri resolusinya 13 Megapixel dengan Aperture f/2.2 dan sensor 1/3.06 inci. Camera Phone ini sangat cocok bagi kalian yang memang gemar berfoto selfie


OPPO Smartphone produksi China ini tergolong salah satu Vendor yang cukup baru muncul di pasar gadget Indonesia untuk bersaing dengan produsen smartphone besar dan terkenal lainnya seperti Samsung dan iPhone. Harga yang ditawarkan cukup mahal yaitu kisaran 3,8 Juta rupiah untuk suatu produk yang belum dikenal masyarakat Indonesia. Dengan harga tersebut kemungkinan produsen ini ingin menghilangkan image murahan, karena banyak sekali produk dari china yang beredar di pasaran dengan harga yang tergolong sangat murah. Tagline OPPO adalah “Smartphone Camera” yang selalu menonjolkan kecanggihan kamera disetiap produk barunya. Sepertinya OPPO ingin menunjukan kalau kamera pada smartphone-nya benar – benar bagus digunakan untuk foto (terutama selfie), banyak fitur, serta sensor kamera yang canggih. Benarkah demikian?

Pada artikel ini saya akan mencoba menguak rahasia dibalik kamera OPPO ini apakah memang berkualitas atau standard saja sebenarnya. Saya akan mengambil contoh smartphone OPPO keluaran terbarunya yaitu OPPO F1s “Selfie Expert” dengan penyanyi Raisa sebagai brand Ambassador-nya. Sekedar mengingatkan, di sini yang saya hanya fokus membahas fitur KAMERA nya saja, karena website ini khusus membahas hal tersebut.

DESIGN OPPO F1S

Penempatan kamera depannya berada dibagian kiri, hal ini memudahkan dalam pengambilan foto dibandingkan kalau penempatannya dibagian tengah. Coba kalian bandingkan  dan rasakan dengan yang kameranya di tengah seperti iPhone 5s. Kamera bagian depan minus flash, walaupun masih bekerja dengan baik pada kondisi yang minim cahaya.

Design luar OPPO F1s cukup minimalis dan cukup tipis sehingga terlihat elegan ketika dipakai
Design luar OPPO F1s cukup minimalis dan cukup tipis sehingga terlihat elegan ketika dipakai

Penempatan kamera belakang berada di bagian kiri (kalau dilihat dari posisi belakang) dengan satu buah flash yang berada di sebelah kanannya. Sebenarnya 1 buah flash cukup, walaupun sekarang  ini bermunculan smartphone dengan double flash.

Kamera belakang OPPO F1S hanya memiliki 1 flash saja namun bisa digunakan secara maksimal dan menghasilkan gambar yang bisa dikatakan bagus
Kamera belakang OPPO F1S hanya memiliki 1 flash saja namun bisa digunakan secara maksimal dan menghasilkan gambar yang bisa dikatakan bagus

SPESIFIKASI KAMERA OPPO F1S

OPPO F1 memiliki 2 buah kamera yaitu kamera primer yang letaknya dibagian belakang smartphone dan kamera sekunder yang letaknya dibagian depan smartphone. Untuk kamera depan ini mengusung resolusi 16 Megapixel dengan Aperture f/2.0 dan sensor 1/3.1 inci serta adanya fitur beautify 4.0 (atau fitur untuk mempercantik atau menghapuskan, bisa dibilang tidak natural hasil editing sistem). Dengan aperture tersebut memungkinkan kalian bisa mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya namun hasilnya tetap bagus atau terang. Pada kamera smartphone brand lainnya banyak yang mengesampingkan kamera depannya, sehingga terlihat dibuat seadanya tidak seperti kamera belakangnya, namun sepertinya OPPO tidak demikian. Kamera depan F1s memiliki resolusi yang lebih besar dibandingkan kamera belakangnya, namanya juga kamera selfie.

Sedangakan untuk kamera belakang mengsusung resolusi 13 Megapixel dengan Aperture f/2.2 dan sensor 1/3.06 inci. Ketika aplikasi kamera kalian buka, maka kalian akan menemukan menu atau fitur standar seperti pada iPhone 5s, seperti Time lapse yang berfungsi untuk membuat video dengan waktu yang dipercepat. Video, yaitu untuk menggunakan kamera sebagai alat perekam. Beautify, ini banyak yang mengatakan fitur kamera jahat, kenapa demikian? Karena dengan adanya fitur ini, bisa membuat wajah kalian yang tadinya tidak mulus menjadi mulus, kurang natural lagi. Panorama, fitur ini untuk membuat foto dengan sudut pandang yang lebih lebar (mencapai 120%), sehingga foto yang dihasilkan memanjang kesamping. Tidak seperti kamera smartphone pada umumnya, OPPO F1s ada settingan manual seperti aperture, shutterspeed dan ISO, walaupun tidak menggunakan angka sebagai patokannya (tidak seperti settingan pada kamera DSLR). Pengaturan Segitiga Exposure ini (Aperture, Shutter Speed, ISO) bisa kalian temukan dalam Expert Mode. Sebenarnya fitur pengaturan Aperture ini hanya double Aperture saja, namun sekali lagi tidak bisa di setting secara angka manual otomatis by system. Fitur double Aperture ini berfungsi untuk membuat foto diri kalian dengan sudut pandang yang berbeda (misalnya kalian bisa foto dalam posisi duduk dan perdiri dalam sekali jepretan).

Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan Flash yang dapat digunakan untuk pengambilan gambar yang minim cahaya maupun untuk membantu menghilangkan noise pada siang hari. Selain flash, terdapat fitur Phase Destection Auto Focus untuk mengunci fokus secara cepat. Selain itu yang cukup menarik yaitu terdapat fitur Ultra HD untuk menghasilkan foto yang tajam. Untuk format foto yang dihasilkan sepertinya menyerupai format kamera DSLR yaitu RAW (.DNG).

Apabila kalian ingin mencetak foto hasil jepretan OPPO F1s ini, terdapat fitur water mark yang memungkinkan kalian mencetak foto dengan waktu, tanggal, suhu. Dengan water mark ini cetakan foto terlihat elegan seperti hasil cetakan foto kamera Digital Profesional.

Hasil jepretan kamera OPPO F1S dengan menggunakan teknik fotografi macro, terlihat hasil yang memuaskan dengan background blur yang menjadikan objek lebih menarik
Hasil jepretan kamera OPPO F1S dengan menggunakan teknik fotografi macro, terlihat hasil yang memuaskan dengan background blur yang menjadikan objek lebih menarik

Akan tetapi, dari berbagai sumber yang ada dan sudah saya explore kesana kemari, tidak ada yang menyebutkan secara spesifik jenis sensor yang digunakan pada OPPO F1s ini, misalnya sensor CMOS yang sudah pasti bagus. Padahal jenis sensor lah yang paling dominan dalam menghasilkan foto yang berkualitas dibandingan dengan Megapixel semata. Namun kesimpulannya dari beberapa sumber yang telah menguji coba kehandalan kamera pada F1s ini tidak kecewa dengan hasil fotonya. Bisa dikatakan 95% foto yang dihasilkan adalah natural. Dengan adanya beberapa settingan manual, membuat cameraphone ini terlihat seperti kamera DSLR. Foto yang dihasilkan pun terlihat tajam, minim sekali noise. Jadi tagline “Camera Phone”, “Selfie Expert” sesuai dengan fitur dan foto yang dihasilkan dan bisa dikatakan bagus untuk seukuran kamera Smartphone.


Load disqus comments

0 komentar