11/12/2017

Teknik dan Tips Yang Harus Diperhatikan Dalam Baby Born Photography atau Newborn Photography

Aliran fotografi sekarang ini ada berbagai macam, mulai dari wedding photography, fashion photography dan masih banyak yang lainnya (aliran atau genre fotografi). Aliran fotografi yang ini yang sedang booming atau terkenal adalah baby born photography atau disebut juga Newborn photography. Bagi sebagian masyarakat kita pasti banyak yang belum tahu mengenai genre yang satu ini. Baby born photography atau newborn photography adalah salah satu genre dalam fotografi yang khusus untuk memfoto bayi yang baru dilahirkan ke dunia ini.

Baby born photography atau newborn photografi adalah salah satu aliran atau genre dalam fotografi yang dikhususkan untuk memfoto objek berupa seorang bayi yang baru dilahirkan, dengan usia bayi yang disarankan adalah maksimal 2 minggu.
Baby born photography atau newborn photografi adalah salah satu aliran atau genre dalam fotografi yang dikhususkan untuk memfoto objek berupa seorang bayi yang baru dilahirkan, dengan usia bayi yang disarankan adalah maksimal 2 minggu.


Kehadiran seorang malaikat kecil atau seorang bayi tentunya suatu hal yang sangat dinantikan oleh semua pasangan suami istri di seluruh belahan dunia ini. Biasanya seorang ibu lah yang paling merasa bahagia apabila ia telah berhasil melahirkan seorang anak dari rahimnya dengan proses persalinan yang normal dan anaknya juga terlahir sempurna. Untuk masalah jenis kelamin tentunya itu urusan yang di atas (Alloh). Pasangan suami istri tentunya tetap menerima dengan senang hati apapun jenis kelamin anaknya tersebut.

Ketika kita melihat seorang bayi yang baru dilahirkan tentunya kita merasa gemas karena bentuknya yang masih kecil, masih imut mukanya dan juga masih lugu, belum tau apa – apa sama sekali, bahkan ketika baru dilahirkan ia juga belum mengenal siapa ayah dan ibunya. Pada masa seperti ini sebagian besar orang tua pasti ingin mengabadikan foto si jabang bayi. Dari sini lah teknik dalam genre newborn photography digunakan.

Untuk mendapatkan sudut pandang yang bagus atau foto yang dihasilkan itu menarik dan foto itu terlihat hidup maka diperlukan teknik khusus. Bukan hanya teknik dalam memfotonya saja yang harus diperhatikan, tetapi juga posisi  dan pakaian  bayi juga harus dibuat sesuai dengan tema yang telah direncanakan sebelumnya. Namun yang paling utama diperhatikan dalam hal ini adalah KENYAMANAN dan KESELAMATAN bayi itu sendiri. Jangan sampai bayi merasa tidak nyaman, menangis atau bahkan bisa melukai bagian tubuh tertentu si bayi.

Teknik dan Tips melakukan newborn photography :

Fotografer

Pakailah jasa seorang fotografer yang memang sudah berpengalaman dan memang berkompeten atau sudah biasa melakukan teknik ini, tentunya dalam hal ini adalah genre newborn photography. Selain itu, fotografer professional pasti tahu sudut pandang pengambilan foto yang bagus, pencahayaannya seperti apa dan posisinya modelnya (bayi) seperti apa. Untuk masalah kamera tidak usah ditanya lagi, pasti yang ia gunakan adalah kamera dengan spesifikasi mumpuni bukan kamera dengan spesifikasi yang standar.

Baby Siter atau Pengasuh Bayi

Orang yang mengerti bayi sangat diperlukan sekali dalam hal ini karena mereka bisa tahu mana yang bisa membuat seorang bayi merasa nyaman dan mana yang kemungkinan dapat membahayakan keselamatan bayi. Tidak sembarangan orang bisa melakukan hal ini, hanya baby siter yang berpengalaman yang bisa melakukan hal ini. Sesi foto ini biasanya diambil ketika bayi baru berumur 2 minggu sejak dilahirkan. Kenapa begitu? Karena pada umur tersebut masih tertidur pulas dan meringkuk, serta bagian tubuh bayi masih lentur jadi masih mudah untuk diarahkan gerakannya, entah itu tangannya, kepalanya, kakinya dan beberapa bagian tubuh lainnya. Nah di sini lah peran baby siter diperlukan.

Tema atau Konsep

Agar hasil fotonya itu bisa enak dilihat (memiliki estetika) dan juga seolah ada cerita dibalik foto itu maka diperlukan suatu rancangan temanya. Karena nantinya ketika orang lain melihat hasil foto itu, dia tahu pesan yang hendak disampaikan (pesan yang tersirat dalam foto tersebut). Ada berbagai macam tema pilihan, itu tergantung dari keinginan orang tua bayi, bisa temanya seperti sedang berjemur dipantai, menjadi pemain sepak bola, menjadi superhero dan masih banyak yang lainnya. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, itu tergantung keinginan dan kekreatifan orang tua bayi mau seperti apa konsepnya.

Newborn Photography dengan tema adat jawa
Newborn Photography dengan tema adat jawa
Baby born photography dengan konsep menjadi seorang bayi lebah
Baby born photography dengan konsep menjadi seorang bayi lebah

Kostum dan Aksesoris

Ketika kita sudah berbicara tema atau konsep seperti di atas, maka kostum adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan selanjutnya. Tidak lucu kalau kita sudah membuat konsep pemain sepak bola tetapi aksesoris yang dipakai adalah untuk profesi pilot. Kalau konsepnya pemain bola tentunya harus ada hal yang berhubungan dengan hal tersebut seperti bolanya itu sendiri, sepatu bola dan lain sebagainya.

Beberapa aksesoris bisa ditambahkan untuk mempercantik hasil foto (newborn photography)
Beberapa aksesoris bisa ditambahkan untuk mempercantik hasil foto (newborn photography)

Bisakah Newborn fotografi dilakukan sendiri?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah bisa, akan tetapi jangan sampai diabaikan aspek – aspek keselamatan si bayi. Orang tua yang baru pertama kali punya bayi pasti belum tahu cara memperlakukan bayi tersebut dengan baik dan aman. Apabila kalian memang mempunyai keterbatasan dana untuk menyewa seorang fotografer, sebaiknya didampingi oleh seseorang yang terbiasa mengurus bayi. Untuk perangkat kamera bisa menggunakan kamera biasa, seperti kamera smartphone. Pilihlah konsep yang biasa saja jangan yang terlalu beresiko atau aneh – aneh, misalnya cukup dengan memfoto dengan teknik candid saja, atau disamping bayi dikasih mainan atau boneka kalau yang bayinya berjenis kelamin wanita.

Baby born atau newborn photography
Baby born atau newborn photography


Mungkin itu saja sedikit tips dari saya mengenai baby born photography atau newborn photography. Dapat disimpulkan dari uraian di atas, yang terpenting adalah keselamatan bayi yang harus diperhatikan. Dampingi dengan seseorang yang professional atau yang sudah terbiasa dengan hal ini dan usia bayi harus dibawah 2 minggu kalau lebih maka bayi mulai bisa merasakan terganggu dan bagian tubuhnya sudah tidak selentur usia tersebut.
Load disqus comments

0 komentar