6/11/2018

Menikmati Indahnya Pantai Siung dan Wedhi Ombo serta Sunrise di Kebun Buah Mangunan Jogja

Di bulan puasa ini, pastinya sebagian besar dari kalian (khususnya umat muslim) tidak merencanakan untuk bepergian jauh atau liburan karena keadaan yang kurang memungkinkan. Dalam keadaan cuaca panas dan berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama serta dalam keadaan menjalankan puasa pastinya itu cukup beresiko, misalnya dehidrasi. Alangkah baiknya kalian rencanakan liburan setelah bulan ramadhan berakhir. Ini bukan berarti kalian liburan pada saat libur lebaran tiba, tetapi setelah libur panjang lebaran berakhir. Kenapa demikian? Sudah pasti alasannya, yaitu karena pada saat libur lebaran jutaan manusia memadati tempat liburan seperti pantai, waterboom, serta wisata alam. Dengan kondisi padat pengunjung seperti ini, pasti liburan kalian tidak akan nyaman dan kalian tidak bisa menikmati liburan. Rencanakanlah liburan kalian pada saat bukan musim liburan (termasuk libur lebaran) agar tempat liburan tersebut relatif tidak banyak pengunjung agar kalian lebih menikmati liburannya, serta jangan lupa juga perhitungkan musim (cuaca), jangan sampai liburan pada musim penghujan.

pantai siung yogyakarta
Indahnya wisata di Pantai Siung, Wedhi Ombo dan Menikmati sunrise dari Kebun Buah Mangunan Jogja


Pada artikel saya sebelumnya, telah saya bahas beberapa lokasi wisata di Jogja, dan salah satunya akan saya bahas kembali di sini. Kenapa saya bahas kembali? Karena ada beberapa spot foto yang belum saya bahas sebelumnya. Apa sajakah objek wisata yang akan kita bahas? Pantai Siung, Pantai Wedhiombo dan Kebun Buah Mangunan.

Pantai Siung

Lokasi Pantai Siung

Pantai ini terletak di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menyajikan view alam yang sangat menarik, mulai dari pantai pasir putih, bukit yang cukup terjal yang terletak dibibir pantai dan tak jauh dari bukit ini ada jalan setapak menuju ke bukit Pengilon (untuk sampai ke bukit pengilon dibutuhkan waktu estimasi 40 menit jalan kaki umumnya, tetapi itu tergantung kecepatan langkah kaki kita).

Kondisi Jalan

Untuk mencapai tempat ini apabila dari Jogja lumayan jauh, misalnya kalau dari wilayah Umbulharjo seperti XT Square atau Kampus 3 UAD sekitar 2,5-3 jam apabila kalian menggunakan mobil. Untuk kondisi jalan tidak ada masalah sama sekali karena kondisi aspalnya sangat mulus seperti toll (mungkin pas saya lewat aspalnya masih baru). Namun ketika sudah melewati Wonosari kondisi jalan mulai menyempit, apabila berpapasan harus pelan, dan jalannya naik turun. Jadi jangan pacu kendaraan kalian terlalu kencang karena kalau belum hapal jalan bisa – bisa kalian kecelakaan. Sebagai gambaran jalannya, dengan menggunakan mobil, jalan naik kemudian langsung turun dan berbelok, otomatis pandangan supir terhalang bagian kap mesin depan. Oleh karena itu harus pelan dan jangan lupa horn di pencet buat jaga – jaga ada kendaraan dari arah berlawanan.

Di sepanjang perjalanan kalian disuguhi hijaunya hutan dan kebun warga, serta tentunya udara yang sejuk tidak seperti diperkotaan. Bagi kalian yang suka kuliner, ada malakan yang cukup extrem, disepanjang perjalanan setelah wonosari akan kalian jumpai penjual belalang goreng. Untuk rasanya katanya enak (menurut teman yang pernah mencoba).

Dengan lama perjalanan dan kondisi jalan yang naik turun pasti diantara kalian ingin tahu berapa liter bensin yang dibutuhkan? Jawabannya relatif. Apabila kalian menggunakan mobil 1500 CC dan sudah injeksi serta berbahan bakar bensin, kurang lebih untuk bensin (Pakai Pertamax) menghabiskan total uang Rp 200.000,- untuk pulang pergi.

Kondisi Parkir

Setelah beberapa jam perjalanan, kalian akan sampai ditempat parkir yang letaknya di dekat pantai (jarak pantai dan parkiran sekitar 10 Meter saja) dan parkirannya cukup luas. Di pinggir parkiran berdiri deretan saung tempat makan dan juga Toilet umum. Jadi tidak usah khawatir apabila kalian kelaparan dan kebelet atau mungkin mau mandi sehabis bermain air di laut. Untuk tarif parkirnya sekitar 15 ribu (mau lama atau sebentar bayarnya sama). Di pinggir tempat parkir ditanami tumbuhan yang di sekelilingnya dibuat tempat duduk, pohon ini sebagai pembatas antara tempat parkir dan pantai

Kondisi Pantai Siung

Dari tempat parkir sudah terlihat hamaparan pasir putih menghiasi pantai, kondisinya yang bersih dan air lautnya yang bersih pula membuat pantai ini layak untuk dijadikan background foto kalian. Foto kalian pasti bagus dan tidak memalukan untuk diupload di media sosial seperti Instagram, bahkan teman – teman kalian pasti iri dan ingin mengunjungi pantai ini untuk sekedar berfoto. Atau mungkin untuk menikmati indahnya pantai dan berenang di laut.


Dari pantai kita bisa melihat ke arah kiri, terlihat sebuah pegunungan atau bukit dengan tebing karang yang terjal yang menjorok ke arah laut (jadi tebing karangnya hanya yang berbatasan langsung dengan laut saja). Pegunungan tersebut lumayan tinggi, namun terlihat indah karena banyak tanaman yang tumbuh di sana. Untuk menaiki tebing tersebut kita bisa berjalan kaki dari pantai sekitar 15 menit. Bagi yang tidak pernah naik gunung pasti sesak dan kakinya berat untuk dilangkahkan karena posisi jalan naiknya vertikal dan masih berbentuk tanah belum memakai tangga semen.

pantai siung jogja
Pantai Siung dengan Bukit yang indah


Ditengah jalan ketika naik bukit itu ada spot foto bagus namun perlu berhati – hati karena kanan kirinya tebing. View yang terlihat dari sini adalah hamparan laut lepas dan terlihat indahnya pantai pasir putih serta hutan yang hijau. Di sini pula ada petugas yang memungut biaya naik bukit, biayanya murah sekitar 3 ribu rupiah @ orang.

Video

Mendekati puncak bukit kita akan menemukan pedagang makanan dan minuman yang dijajakan di sebuah gubug yang terbuat dari bambu. Di tempat ini pula disediakan tempat duduk di bawah pohon untuk kita beristirahat. Hampir lupa untuk memberi tahu kalian, waktu untuk menikmati pantai jangan siang bolong karena cuacanya sangat panas, pagi hari dan sore hari adalah waktu yang tepat.

View pantai Siung dari atas bukit
View Pantai Siung apabila dilihat dari atas bukit


Langsung menuju ke puncak bukit, kita akan kembali disuguhi pemandangan yang menkajupkan, di sebelah kiri dari kejauhan terlihat sebuah bukit hijau (seperti lapangan golf) yang berbatasan langsung dengan tebing laut. Namun untuk mencapai ke sana dibutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan naik turun.

Pantai Wedhi Ombo

Lokasi Pantai Wedhiombo

Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari pantai Siung, tidak sampai 1 jam kita bisa sampai di sini. Dan yang pasti lokasinya masih berada di wilayah gunung kidul Yogyakarta.

Kondisi Parkir

Menjelang sampai ke tempat parkir kita akan melewati jalan turunan tajam, jadi berhati – hatilah pastikan rem kendaraan kalian bagus. Tempat parkirnya tidak terlalu luas, mungkin hanya bisa memuat mobil sekitar 15 – 20 saja. Untuk biaya parkir akan ditagihkan di awal dengan kisaran 15 ribu.

Kondisi Pantai Wedhiombo

Pantai ini mungkin belum banyak orang luar yang tahu, namun pantai ini juga merupakan salah satu tempat yang menenangkan dan menyenangkan. Berbeda dengan pantai Siung, untuk menapai lokasi pantai, kita harus turun berjalan kaki sekitar 7 menit. Anak tangga di sini sudah menggunakan semen dan cukup lebar jadi muat banyak orang. Di sepanjang jalan ini berdiri banyak sekali ruko – ruko penjual makanan, minuman dan pakaian. Tidak hanya itu, di sini juga ada beberapa penginapan kecil seperti villa.

Pantai Wedhi Ombo merupakan pantai berkarang, jadi yang kalian liat dipantai adalah karang – karang dan bebatuan yang bisa dijadikan sebagai objek fotografi. Perlu berhati – hati kalau kalian melewati karang ini karena kondisinya yang licin dan beberapa ujungnya tajam.

pantai yang berkarang
Pantai Wedhi Ombo merupakan pantai yang terletak di wilayah gunung kidul, Yogyakarta dengan ciri khas pantai berkarang
karang pantai wedhi ombo gungung kidul jogja
Pantai wedhi ombo memiliki struktur karang yang cukup unik dan berfariasi

Kurang lengkap rasanya apabila ke pantai tanpa kelapa muda. Disepanjang pantai terdapat saung yang menyediakan minuman segar yang satu ini. Bukan hanya airnya saja yang menyegarkan tenggorokan, tapi buah kelapa yang adadi dalamnya juga sangat lezat untuk dinikmati. Apabila kalian lapar, tidak usah khawatir karena disediakan pula puluhan menu makanan yang memiliki cita rasa tersendiri. Mulai dari mie instan, ayam, tempe mendoan, nasi goreng dan masih banyak yang lainnya tersedia di sini.

wedhi ombo jogja
Banyak menu makanan dan minuman di sepanjang pantai Wedhi Ombo

Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Berbeda dengan lokasi pantai yang berada di daerah gunung kidul, kebun buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Yang artinya apabila penginapan kita terletak di daerah Umbulharjo misal (daerah XT Square) hanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan saja.

kebun buah mangunan jogja
Kebun buah mangunan Jogja

Kondisi Jalan

Untuk mencapai ke Mangunan ini, sebaiknya kalian berangkat jam 5 dini hari dari lokasi yang saya sebutkan tadi (kalian bisa estimasi waktu lagi apabila lokasi penginapan kalian berbeda). Kondisi jalan ketika akan mencapai lokasi naik turun dan juga berkelok namun aspalnya masih cukup bagus dan hanya ada sedikit kerusakan saja. Pasitkan kondisi kendaraan kalian prima untuk di bawa ke tanjakan yang cukup panjang.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Ketika kita akan sampai di puncak maka akan ada gerbang masuk yang akan menuju ke lokasi yang dimaksud. Nah kondisi jalan ini hanya muat satu kendaraan mobil saja jadi pelan – pelan saja. Udara segar sangat terasa di sini, pohon – pohon rindang dan hijau semakin menyegarkan.


spot foto mangunan
View yang paling bagus di kebun buah mangunan adalah antara jam 6 - 7 pagi
kabut di mangunan jogja
Indahnya kabut yang menutupi hutan dari ketinggian tebing kebun buah Mangunan Jogja


Ada spot foto yang sangat bagus di sini, tetapi kita harus menuruni anak tangga untuk mencapainya. Lokasi ini tepat berada di tebing dengan hamparan hutan di sekelilingnya dan tepat dibawah bukit terdapat sungai yang indah. Keindahan panorama alam ini bisa kalian lihat pada pukul 6 pagi, menjelang pukul 7 matahari mulai terlihat dani kabut mulai naik sehingga pemandangan yang indah tadi akan tertutup kabut semua. Oleh karena itu siapkan kamera kalian dan ambil foto sebanyak mungin dan se-natural mungkin diantara jam 6 sampai setengah 7 pagi.

anak tangga mangunan
Anak tangga yang menuju ke spot foto di kebun buah Mangunan Jogja
sunrise mangunan
Sunrise dari ketinggian Kebun Buah Mangunan Jogja

Load disqus comments

0 komentar