3/12/2023

Chat GPT dari OpenAI bisa menjawab semua pertanyaanmu

Chat GPT saat ini memang menjadi perbincangan dikalangan pencinta teknologi karena fiturnya yang bisa dikatakan cukup menarik. Chat GPT bisa menjawab semua pertanyaan yang kamu tanyakan walaupun dengan jawaban yang tidak 100% benar. Chat GPT dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) yang didirikan oleh beberapa tokoh terkemuka di bidang teknologi, diantaranya yaitu Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman dan Ilya Sytskever. OpenAI berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 2015.

Apa itu GPT?

GPT merupakan singkatan dari "Generative Pre-trained Transformer". GPT adalah salah satu jenis model pembelajaran mesin yang menggunakan algoritma kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan teks bahasa alami yang mirip dengan teks yang dihasilkan oleh manusia.

Apa itu Chat GPT?

Sebenarnya kepanjangan dari GPT sama seperti penjelasan di atas, hanya saja ditambahkan chat di depan sehingga menjadi "Chat Generatice Pre-trained Transformer". Merupakan jenis program chatbot yang menggunakan model mesin learning yang disebut GPT untuk menghasilkan teks respon yang serupa atau hampir sama dengan teks manusia dalam percakapan chat. Chat GPT dirancang dan dibuat untuk memahami dan memproses bahasa manusia dan memberikan respon yang relevan dan bermakna dalam konteks percakapan. Hal ini tentunya dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti layanan pelanggan, asisten virtual, mencari jawaban dari suatu pertanyaan, membuat contoh coding ataupun hanya sebagai hiburan dengan menanyakan pertanyaan - pertanyaan konyol atau lucu.

Cara Menggunakan Chat GPT

1. Melakukan registrasi terlebih dahulu pada web chat.openai.com, kemudian pilih Sign Up. Proses registrasi untuk pembuatan account ini sangat mudah, seperti ketika melakukan registrasi aplikasi pada umumnya. Apabila kalian sudah mempunyai account e-mail gmail atau microsoft kalian bisa langsung klik pada salah satu tombol tersebut. Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi beberapa field yang muncul, ini tinggal isi saja sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Sebagai catatan kalian yang bisa registrasi seharusnya sudah berumur 18 tahun atau lebih.

registrasi chatgpt


registrasi chat gpt dengan gmail atau microsoft mail

2. Setelah berhasil melakukan registrasi maka akan muncul tampilan halaman awal seperti di bawah ini.



Pada bagian pojok kiri atas, terdapat sebuah menu + New chat. Klik menu tersebut kemudian arahkan kursor pada bagian input text field dibagian bawah untuk memulai penggunaan chat GPT. Kalian bisa mengetikan apa saja terkait hal apa yang ingin kalian ketahui. Sebagai contoh saya menanyakan "Apa itu Indonesia?" maka dengan cepat akan dibalas dengan jawaban yang cukup relevan. 

chatgpt bahasa indonesia

Pada chat diatas saya mengetikan pertanyaan dengan bahasa Indonesia, maka secara otomatis akan dijawab dengan bahasa Indonesia juga. Bagaimana kalau kita ingin jawabannya dalam bahasa Inggris? Itu sangat mudah, kita cukup ketikkan "in english" maka otomatis histori jawaban di atas akan dijawab ulang dengan jawaban yang sama persis namun disajikan dalam bahasa Inggris. Cukup jenius bukan si chat GPT ini?

chatgpt bahasa inggris


Kalian bisa kembangkan sendiri kira - kira pertanyaan apa yang ingin kalian tanyakan untuk bisa memudahkan kalian dalam menemukan jawaban. Tapi perlu di ingat, chat GPT dibuat dengan mengolah historical data, artinya sumber datanya adalah data masa lampau yang pernah dibuat oleh manusia dan data yang dibuat oleh manusia tersebut belum bisa di uji kebenarannya secara ilmiah sehingga tidak bisa dipertanggung jawabkan atas kebenaran jawaban - jawaban yang diberikan oleh chat GPT. Dengan mengolah dari data masa lampau tersebut, kalian tidak akan bisa mendapat jawaban atas pertanyaan yang sifatnya prediksi atau pertanyaan di masa depan. Sebagai contoh kalian menanyakan "Siapa presiden Indonesia di tahun 3000?" sedangkan sekarang masih berada pada tahun 2000an, kecuali kalian menanyakan hal tersebut pada tahun 3001 misalnya, pasti akan ada jawabannya. Selain itu, chat GPT saat ini hanya bisa menjawab pertanyaan - pertanyaan yang relatif sederhana, tidak bisa menjawab pertanyaan yang terlalu kompleks atau terlalu rumit karena teknologinya masih belum secanggih itu.

Ada satu hal yang cukup membuat saya kagum dari chat GPT ini, chat GPT bisa membuat contoh coding sederhana sesuai dengan bahasa pemrograman yang kalian inginkan. Kalian cukup copy paste coding tersebut ke dalam project yang coba kalian buat dan di running.

Manfaat Chat GPT

Secara umum, ada beberapa manfaat yang kalian bisa dapatkan dengan bantuan chat GPT ini, diantaranya yaitu :

1. Membantu menjawab pertanyaan yang sederhana dengan jawaban yang masih masuk akal walaupun tingkat kebenarannya belum 100%.
2. Bisa menerjemahkan text dari satu bahasa ke bahasa lainnya, sebagai contoh kalian membuat artikel dalam bahasa Indonesia, chat GPT bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa lain sesuai keinginan kalian, misalnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Manfaatkan teknologi yang ada di era sekarang ini untuk mempermudah kegiatan kalian, jangan sampai ketinggalan teknologi atau istilahnya "Gaptek" atau gagap teknologi. Selama teknologi itu digunakan untuk sesuai yang positif kalian pasti akan merasa sangat terbantu.



Load disqus comments

0 comments